Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing tentang Submateri Bioteknologi Konvensional untuk Peserta Didik Fase E SMA

Authors

  • Rya Agustina Siregar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.11399

Keywords:

LKPD, Inkuiri Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik Fase E SMA Negeri 1 Angkola Selatan terkait pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran biologi materi bioteknologi konvensional. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, sementara teknik pengumpulan data berupa lembar wawancara dan angket observasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru biologi dan 36 orang peserta didik kelas X Fase E. Hasil penelitian dari wawancara guru Biologi menyatakan setuju untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Dari penyebaran angket observasi kepada peserta didik yang berisi 12 pertanyaan, Hasil yang diperoleh 77,8% peserta didik setuju dengan pengembangan produk LKPD yang dapat memudahkan peserta didik dalam pembelajaran. Hasil tersebut menunjukkan perlunya dikembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing tentang submateri bioteknologi konvensional.

Published

2025-07-29

How to Cite

Siregar, R. A. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing tentang Submateri Bioteknologi Konvensional untuk Peserta Didik Fase E SMA. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 4(2), 151–159. https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i2.11399