Pengaruh Pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Antusias Belajar Siswa di SDI Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2550Abstract
Abstrak
Pengaruh Pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Antusias Belajar Siswa di SDI Lakiyung Kecematan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pelaksanaan model Problem Based Instrustion terhadap antusias belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap antusias belajar IPA siswa SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa dapat meningkatkan antusias belajar siswa. Gambaran hasil pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa pada awal pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) berada pada kategori sedang setelah pertemuan akhir pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) hasil pembelajaran siswa berada pada kategori tinggi. Ada pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap antusias belajar IPA siswa SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa.Kata kunci:
Problem Based Instruction, Antusias Belajar
References
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach Buku 2. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Bundu, Patta & Ratna Kasim. 2007. Konsep Dasar IPA 1. Teori dan Praktik (untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar). Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, & Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwija, W.I. 2008. Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas unggulan di Kota Amlapura (No.1 Th.XXXXI Januari 2008). Jurnal (diterbitkan) Bali: Undiksha. (http:// www.undiksha.ac.id diakses 10 maret 2015).
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haling, A. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M., dan Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Suarabaya. University Press.
Ibrahim, M. 2003. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Indayani, M., Hunusalela, A. J., & Mursalin, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN 3 SALAHUTU. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 359-365.
Khaeruddin dan Sujono, E. H. 2005. Pembelajaran IPA (IPA) Berdasarakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar
Magfirah, N. (2012). Perbandingan Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Penguasaan Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dengan Model pembelajaran Problem Based Instruction. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Makmun, A. S. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Muhiria. 2008. Meningkatkan Hasil belajar Gerak Benda Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Murid Kelas 1 SDN 2 Takimpo Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. UNM.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompotensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mursalin, E. (2010). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Skripsi: Semarang: FMIPA Unnes.
Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113-127.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Nurhayati, B., 2011. Strategi Belajar mengajar. Makassar. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Purwanto, M. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rifai, Arman. 1998. Stategi Belajar Mengajar Pendidikan IPA. Bandung : Remaja Rosdakarya
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman, dkk. 2012. Pmbelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Saepuzaman, D. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Materi Rangkaian Listrik Arus Searah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi pada FMIPA UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Sahabuddin. 2003. Mengajar dan Belajar: Dua Aspek dari Suatu Proses yang disebut Pendidikan. Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Salam, S & Bangkona, D. 2010. Pedoman Tesis dan Desertasi. Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar.
Samad, Sulaiman dkk. 2004. Profesi Keguruan. Makassar: Penerbit FIP-UNM.
Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santyasa, I W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif (Online), http://www.freewebs.com. Diakses tanggal 5 Januari 2010.
Sharan, Y. & Sharan, S. 1992. Expanding Cooperative Learning Through Group Investigation. New York. Teacher College Press.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Statistik.
Soeharto. 2003. Pendekatan dan Teknik dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Solihatin, E. & Raharjo. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. NTP Pres. Mataram.
Syaban, Mumun. 2010. Menumbuhkembangkan Daya Dan Disposisi Matematis Siswa Sma Melalui Model Pembelajaran Investigasi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya (online). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Syafsensi, Ice. 2013. Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Bangunan Siswa SMK Negeri Solok, Jurnal CIVED, (online), Vol.1, No.1, (http://ejournal.unp.ac.id, Diakses 2 April 2013).
Tan. I.V.C., Sharan, S., & Lee, C.K.E. 2007. Group Investigation Effects on Achievement, Motivation, and Perceptions of Students in Singapore. Journal of Education Research, (Online), Volume 100, Number 3/January- February, 2007: 142-154, (http://heldref-publications.metapress.com/app /home/contribution.asp, diakses 13 maret 2008).
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2010. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Tsoi, M.F.; Ngoh, K.G; & Lian, S.C. 2004. Using Group Investigation for Chemistry in Teacher Education. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, (Online), Vol. 5, issue 1 Article 6, (http://www.ied.edu.hk/apfslt/v5_issue_1/tsoimf/index.htm-content,kses 19 Pebruari 2008).
Uno, H. B. 2010. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmu Pendidikan (online) (http//:www. damandiri.or.id/file/ yusufunsbab2.pdf. Diakses tanggal 10 April 2011).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.