Penerapan Model Pembelajaran Synectics: Mampukah Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa?
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2558Abstract
Abstrak
Teridentifikasi bahwa pelaksanaan pembelajaran kimia yang dilakukan di kelas X SMA Al-Fiqri Telaga Piru cenderung berpusat pada guru, mengindahkan interaksi dengan siswa dan kepercayaan diri siswa sangat rendah. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar kimia siswa menjadi rendah. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian tindakan kelas ini yakni meningkatkan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan model pembelajaran synectics dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang hasil belajar kimianya masih rendah. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus dan pengumpulan data melalui instrumen tes pokok bahasan hidrokarbon. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif-kuantitatif persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, pencapaian prestasi belajar 70% siswa tergolong kategori sangat baik, dan 30% dalam kategori baik. Merujuk hasil tersebut, diharapkan guru kimia agar lebih intensif menerapkan model pembelajaran synectics pada pokok bahasan pembelajaran kimia yang lainnya.
References
Ardianty, Berty N. 2013. Upaya meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Metode Synectik Dengan Materi Limbah Industri Dalam Pembelajaran Di Kelas XI IPA Biologi SMK N 9 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta. Bumi Aksara, 2012), hlm. 281.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Basri, H. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung. Pustaka Setia.
Danuari. 1990. Hubungan antara Kemandirian, Motivasi Berprestasi dan Intelegensi dengan Prestasi Belajar Siswa SMP di Bantul. Yogyakarta: LPM IKIP.
Darmayanti, T. 2008. Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Nomor 2 Tahun 2008.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Dimyati, A. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Edisi kedua, Rineka Cipta.
Indayani, M., Hunusalela, A. J., & Mursalin, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN 3 SALAHUTU. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 359-365.
Kartono, K. 1992. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis. Bandung: Mandar Maju.
Manusama, M. dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Synectik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Do SMP Advent Bitung. Jurnal MIPA UNIMA, Vol. 1, No. 8, 2013.
Munawan. 2009. Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudjiman, H. 2008. Belajar Mandiri (Self Motivated Learning). Surakarta: UNS Press.
Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113-127.
Mursalin, E., Setiaji, A. B., & Kasim, E. W. (2022). Penerapan learning Management Systems (LMS) berbantuan Sevima Edlink: Efektifkah dalam menunjang Perkuliahan Daring?. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 109-118.
Purba, M. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Retno, P., dkk. 2012. Penerapan Pembelajaran Model Synectik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIIC Pada Tema ‘ Airku Bersih’ Di SMP Negeri 5 Sleman Tahun Ajaran 2011/12, Jurnal IPA-S1, Volume 1, Nomor 2, Juli 2012.
Suardiman. 1984. Bimbingan Orang Tua dan Anak. Yogyakarta: UPP IKIP.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudjana.N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, B. 2002. Proses mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tahar, I. & Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Nomor 2 Tahun 2006.
Tirtarahardja, U. & Sulo, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widodo, P. 2014. Penggunaan Metode Mind Maps untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri I Salakan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikn UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.