Pencapaian Hasil Belajar Fisika dan Perilaku Berkarakter Siswa Kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru berbantuan Model Problem Based Instruction (PBI)

Authors

  • Nur Yati Taipabu Universitas Darussalam Maluku

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar dan perilaku berkarakter siswa kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru, Namlea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan sebelum dan setelah diajarkan model PBI pada materi tata surya, dari 25 siswa (16%) sangat baik 4 siswa, (80%) baik 20 siswa dan (4%) cukup 1 siswa memiliki nilai tuntas yaitu memenuhi nilai KKM. Sedangkan pada hasil respon siswa tehadap perilku berkarakter terkait materi tata surya menggunakan model PBI menunjukan bahwa hasilnya sangat baik (88%) dan baik (12%) pada lembar angket terdapat (54%) sangat setuju dan (45%) setuju. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pencapaian hasil belajar fisika dan perilaku berkarakter siswa menggunakan model problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar dan mewujudkan perilaku yang sangat baik dan baik.

Kata kunci:

Problem Based Instruction, Hasil Belajar Fisika, Perilaku Berkarakter

 

References

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Gagne, Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Joyce, Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Invatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).

Miltenberger, 2001. Modifikasi Perilaku : Prinsip dan Prosedur. Universitas Florida Selatan

http://ahmadnurhidayatarya.blogspot.commodel-pembelajaran-problem-based instruction, akses (18-07-2014, 10:00)

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).

Nurhadi, 2004. Pembelajran Kontekstual Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang

Nur, 2011. Model-model Problem Based Instruction. Surabaya, Universitas Negeri Surabaya

Morgan, Ngalim Purwanto, 2003. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja.

Puskur, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Puskur Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional

Ratumanan T. G. (2004). Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya : Unesso University Press Anggota IKAPI.

Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta.

Sukmadinata, 2004. Suatu Pendekatan Perilaku. Bandung: Rosdakarya.

Sumarwan, 2007. IPA SMP. Jakarta : Erlangga.

http://juansyah.wordpress.compengertian-karakter, akses (19-07-2014, 19:50:).

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Skinner, Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Suryabrata, 1988. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta : Rajawali.

Sanjaya, 2008. Proses Kegiatan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Soemantri, 2001. Proses Belajar Mengajar. Penerbit Tersito Bandung.

Sutrisno Hadi, 2001. statistik jilid 2. Penerbit : Andi, Jakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tadkiroatun Musfiroh. (2008). Pendidikan Karakter.Yogyakarta: UNY.

Usman, H, 2003. Pengantar Statistik. Jakarta :Bumi Aksara

Wenno, I. H, 2014. Penelitian Pendidikan Dan Teknik Analisa Data. UNPATTI PRESS

Downloads

Published

2022-01-26

How to Cite

Taipabu, N. Y. (2022). Pencapaian Hasil Belajar Fisika dan Perilaku Berkarakter Siswa Kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru berbantuan Model Problem Based Instruction (PBI). Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2631