Pencapaian Hasil Belajar Fisika dan Perilaku Berkarakter Siswa Kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru berbantuan Model Problem Based Instruction (PBI)
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2631Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar dan perilaku berkarakter siswa kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru, Namlea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan sebelum dan setelah diajarkan model PBI pada materi tata surya, dari 25 siswa (16%) sangat baik 4 siswa, (80%) baik 20 siswa dan (4%) cukup 1 siswa memiliki nilai tuntas yaitu memenuhi nilai KKM. Sedangkan pada hasil respon siswa tehadap perilku berkarakter terkait materi tata surya menggunakan model PBI menunjukan bahwa hasilnya sangat baik (88%) dan baik (12%) pada lembar angket terdapat (54%) sangat setuju dan (45%) setuju. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pencapaian hasil belajar fisika dan perilaku berkarakter siswa menggunakan model problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar dan mewujudkan perilaku yang sangat baik dan baik.
Kata kunci:
Problem Based Instruction, Hasil Belajar Fisika, Perilaku Berkarakter
References
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne, Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Joyce, Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Invatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.
Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Miltenberger, 2001. Modifikasi Perilaku : Prinsip dan Prosedur. Universitas Florida Selatan
http://ahmadnurhidayatarya.blogspot.commodel-pembelajaran-problem-based instruction, akses (18-07-2014, 10:00)
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Nurhadi, 2004. Pembelajran Kontekstual Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang
Nur, 2011. Model-model Problem Based Instruction. Surabaya, Universitas Negeri Surabaya
Morgan, Ngalim Purwanto, 2003. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Puskur, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Puskur Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional
Ratumanan T. G. (2004). Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya : Unesso University Press Anggota IKAPI.
Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta.
Sukmadinata, 2004. Suatu Pendekatan Perilaku. Bandung: Rosdakarya.
Sumarwan, 2007. IPA SMP. Jakarta : Erlangga.
http://juansyah.wordpress.compengertian-karakter, akses (19-07-2014, 19:50:).
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.
Skinner, Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Suryabrata, 1988. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta : Rajawali.
Sanjaya, 2008. Proses Kegiatan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Soemantri, 2001. Proses Belajar Mengajar. Penerbit Tersito Bandung.
Sutrisno Hadi, 2001. statistik jilid 2. Penerbit : Andi, Jakarta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tadkiroatun Musfiroh. (2008). Pendidikan Karakter.Yogyakarta: UNY.
Usman, H, 2003. Pengantar Statistik. Jakarta :Bumi Aksara
Wenno, I. H, 2014. Penelitian Pendidikan Dan Teknik Analisa Data. UNPATTI PRESS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.