Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Salahatu

Authors

  • Nurul Fatima Ohoirat Universitas Darussalam Maluku

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2633

Abstract

Tujuan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini yakni mendeskripsikan hasil penggunaan metode tugas terstruktur terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Salahatu. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Tahap Awal (pretest) dan tugas–tugas terstruktur, lembar penilaian Afektif, Piskomotor kemidian Tes Sumatif dan Formatif. Hasil evaluasi Tes Akhir menunjukan bahwa 12 orang siswa atau 54,54% yang memiliki nilai sangat baik, 9 orang siswa atau 40,90% yang memiliki nilai baik, 1 orang siswa atau 4,54% yang memiliki nilai cukup. Hal ini berarti bahwa 99% siswa telah mencapai nilai ≤ 60, ini menunjukan bahwa hasil belajar Fisika seswa kelas XI SMA Negeri 2 Salahutu setelah menggunakan penerapan pemberian tugas terstruktur mengalami peningkatan.

Kata kunci:

Metode Tugas Terstruktur, Hasil Belajar Fisika, Momentum dan Impuls

References

Arifin Zainal, 2012. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosda karya.

Arikunto S, 2009.Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman, 2009.Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Conny Semiawan, dkk. 1986. Pendekatan Ketrampilan Proses: Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Granmedia.

Dimyatidan Mujiono, 2004.BelajarDan Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Davies, Ivor K. Penerjemah: Sudarsono. 1987. Pengelokan Belajar jakarta: PAU-UT Dan Rajawali.

Dekdikbud 1986. Kurikulum: Landasan, Programdan Pengembangan. Jakarta: Dekdikbud.

Doriwuwur H. 1961. Belajar Efektif, Paduan Bagi Mahasiswa Baru. NTT, Nusa Indah.

Funk, James H. dkk. 1985. Learning Science Proses Skill. Lowa: Kandal/Hunt Publishing Company.

Gagne, N. L. dan David C. Berliner. 1984. Educational Psychology. Chicago: Rand McNalli Collage Publishing Company.

Indayani, M., Hunusalela, A. J., & Mursalin, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN 3 SALAHUTU. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 359-365.

Jono, T. Rake. 1992. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah Melalui Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kangina Marhten, 2006.Fisika Untuk SMA Kelas XI, Jakarta. Erlangga.

Mujiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursalin, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Synectics: Mampukah Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa?. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(1).

Roestiyah, 2008.Strategi Belajar Mengajar.J akarta: Rineka Cipta.

Sudjana Anas, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Sutriono, Dkk. 2005. Materi Ringkas Dan Soal Terpadu Fisika SMA. Jakarta: Erlangga

Suryosubroto B, 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta, Rineka Cipta

Sugiono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Ohoirat, N. F. (2022). Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Salahatu. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i1.2633