Implementasi Model Pembelajaran Independent Study Club (ISC) pada Pokok Bahasan Minyak Bumi
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3107Abstract
Pendidik memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara efektif dan efisien mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan guru yang inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran yaitu salah satunya dengan menerapkan model Pembelajaran Independent Study Club (ISC). Melalui model pembelajan ini peserta didik dituntut aktif dalam prosesnya. Peserta didik harus mampu menggali informasi secara berkelompok dengan bebas. Pada penelitian ini diketahui 95.24% siswa mampu mencapai KKM dengan melakukan proses pembelajaran menggunakan model ISC pada pokok bahasan minyak bumi.
Kata kunci:
Independent Study Club, minyak bumi
References
Arfansyah. (2011, 09 07). Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Kimia. Retrieved 03 16, 2013, from Stikiphamjanwadi.
Arikunto. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mangasyikan dan Bermakna). Bandung: MIC.
Karli, H., & Margaretha, S. (2002). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi 2. Bandung: Bina Media Informasi.
Middlecap, K. &. (1985). Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: Gramedia.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113-127.
Rahadi, A. (2008, Agustus 20). Konsepsi Pendidikan Terbuka/Jarak Jauh. Retrieved Mei 06, 2010, from http://www.saina-kurtekdig.blospot.com
Sudjana, N. (2004). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.