Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 40 Seram Bagian Timur
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3120Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 40 Seram Bagian Timur. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design dan sampel penelitian terdiri dari kelas VIIIa (kontrol) terdiri dari 17 siswa dan kelas VIIIb (eksperimen) yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar (75.00) dari nilai kelas kontrol (59.41). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 5.152 dan ttabel= 1.725 sehingga thitung.>ttabel, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci:
Cooperative Script, Prestasi Belajar, Pencernaan Makanan pada Manusia
References
Li, S. S. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Ashari, N. N. (2019). Pengaruh Model pembelajaran kooperatif Script Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Of Education Technologi , Vol 2.
Fatah. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Fuad, I. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Haryono, H. A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat, S. I. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matemtika dengan Metode cooperative script. Jurnal Intersections , Vol 5.
Eilani, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Kependidikan Manajemen Perkantoran , Vol 1.
Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113-127.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Noor, J. (2012). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Grup.
Parwati. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo.
Pinton, S. M. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan penelitian Ptk. Malang: Bahan ajar Program Studi Pendidikan Olahraga.
Putri, T. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.
S, Sofyan. (2014). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Depok: RajaGrafindo.
Sarinem Ika, (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Cooperative Script. Jurnal Intersections , vol 5.
Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama
yoto Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Supardi. (2017). Statistika Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2014). Pengantar Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.