Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 40 Seram Bagian Timur

Authors

  • Surtila Kafara Prodi Tadris IPA, IAIN Ambon
  • Muhammad Rijal Prodi Pendidikan Biologi, IAIN Ambon
  • Enggal Mursalin Prodi Tadris IPA, IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar  siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 40 Seram Bagian Timur. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan desain pretest-postest  control group design dan sampel penelitian terdiri dari kelas VIIIa (kontrol) terdiri dari 17 siswa dan kelas VIIIb (eksperimen) yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar (75.00) dari nilai kelas kontrol (59.41). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 5.152 dan ttabel= 1.725 sehingga thitung.>ttabel, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar siswa.

Kata kunci:

Cooperative Script, Prestasi Belajar, Pencernaan Makanan pada Manusia

References

Li, S. S. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Ashari, N. N. (2019). Pengaruh Model pembelajaran kooperatif Script Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Of Education Technologi , Vol 2.

Fatah. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fuad, I. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Haryono, H. A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayat, S. I. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matemtika dengan Metode cooperative script. Jurnal Intersections , Vol 5.

Eilani, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Kependidikan Manajemen Perkantoran , Vol 1.

Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113-127.

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).

Noor, J. (2012). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Grup.

Parwati. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo.

Pinton, S. M. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan penelitian Ptk. Malang: Bahan ajar Program Studi Pendidikan Olahraga.

Putri, T. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.

S, Sofyan. (2014). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Depok: RajaGrafindo.

Sarinem Ika, (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Cooperative Script. Jurnal Intersections , vol 5.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama

yoto Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Supardi. (2017). Statistika Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2014). Pengantar Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Kafara, S., Rijal, M., & Mursalin, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 40 Seram Bagian Timur. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3120