Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa MTs Al-Anshor Ambon melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Interaktif berbasis Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3157Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan media digital interaktif berbasis audio visual. 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran digital interaktif berbasis audio visual. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini berlangsung selama 1 bulan di kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon dengan jumlah siswa 15 anak. Analisis data dengan menggunakan uji presentase kemudian disesuaikan dengan penilaian acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media digital interaktif berbasis audio visual sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa hal ini dapat dibuktikan pada peningkatan hasil belajar siswa yang di peroleh dari siklus 1 yang menunjukan 6 siswa (40%) memperoleh nilai baik sekali, dan 9 siswa (60%) memperoleh nilai baik.
Kata kunci:
Media Pembelajaran Digital Interaktif, Audio Visual, Hasil Belajar
References
Agustinaniati. 2020. “Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Salem.” Rineka Cipta.
Alif Sabri. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: pedoman ilmu jaya.
Amirul Hadi. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: pustaka setia.
Dian Nurhayati. n.d. “Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY.” Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.
Dina Indiyana. 2011. Alat Bantu Media Pengajaran. jogjakarta: diva press.
Ellitsya hayati ulfa. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ANDROID Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI.” Repository USM.
Farikhatul Umayah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD/MI.” Repository USM.
Leni Marlina. n.d. “Menejemen Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pendidikan.” Istinbath.
Lin Safrina. 2014. “Pengaruh Modul Digital Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor.” Repository USM.
Mardhiyana, Dewi. 2017. “Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5 (1): 1. https://doi.org/10.31941/delta.v5i1.389.
Matdio Siahaan. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Ubharajaya.
Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1 (2): 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sains Sederhana bagi Guru PAUD. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 140-148.
Mursalin, E., Setiaji, A. B., & Kasim, E. W. (2022). Penerapan learning Management Systems (LMS) berbantuan Sevima Edlink: Efektifkah dalam menunjang Perkuliahan Daring?. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 109-118.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: remaja rosda karya.
Oktaviani, Risqa Tri. 2019. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ).” MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan 5 (1): 91–94.
Paizaludin. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” Alfabeta.
Prasetyowati. 2014. “Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013.” Makalah Ppm.
Rindwan dan Akdon. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan.” Alfabeta.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka CIpta.
Sofyan Amri. 2002. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. jakarta: Rineka CIpta.
Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: bumi aksara.
Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Ulfah Siti Zaenab. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Teknik Animasi Dua Dimensi Menggunakan Macromedia Falsh Pada Smk Negeri 1 Mesjid Raya.” Repository USM.
Waryanto, Nur Hadi. 2007. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Menunjang Pembelajaran *).” Pendidikan 05 (02): 1–8.
Widodo dan Lusu Widayanti. 2013. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengab Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Fisika Indonesia.
Yudianto, Arif. 2017. “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–37.
Zainal Aqib dkk. n.d. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Smp, Sma. Bandung: grama widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.