Etika Guru IPA Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP

Authors

  • Agnes Taliya Igusthetia Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Rifa Rosyida IAIN Ponorogo
  • Farida Yufarlina Rosita IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i1.3670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian etika profesi guru IPA di SMPN 1 Balong dalam kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif yang mana hasil dari penelitian ini akan disajikan dalam bentuk teks deskriprif yang berasal dari teknik kegiatan wawancara, angket, observasi (pengamatan), studi dokumentasi, studi perpustakaan, tes, studi khusus dan survei. Hasil dari penelitian ini menujukkan guru IPA di SMPN 1 Balong sudah memiliki etika baik yang diwujudkan dengan etika yang sudah mengacu pada Kode Etik Guru Indonesia. Adapun kode etik yang diimplementasikan yaitu: 1) Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila, 2) Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing, 3) Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan, 4) Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dengan menciptakan dan memelihara hubungan dengan orangtua murid sebaik baiknya bagi kepentingan anak didik, 5) Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan Pemerintah dalam bidang Pendidikan.

References

Elias, Thomas. F. E., 2020. Etika Profesi Guru SMP pada SMP YK Shalom dan SMP YPK Bethel Doom Sorong. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8 (2).

Fauzi, Imron. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press

Nurlhaq, Dadan., dkk. 2019. Etika Guru PAI menurut Imam Nawawi (Analisis Ilmu Pendidikan Islam). ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Juornal, 4(2)

Racob, Jazef. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. GRASINDO PT Gramedia Widiasarana.

Rahayu, Sri. 2015. Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Kimia IPA berkonteks Isu-isu Sosiosaintifik (Socio scientific Issues). Semnas Pendidikan Kimia & Sains Kimia di Falkutas Pendidikan MIPA FKIP Universitas Negeri Cendana

Setiawan, J., & Anggioto, A. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak Publisher

Wandi, Z.N., & Nurhafizah, N. 2019. Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1)

Wulandari, R., & Hendriani, W. 2012. Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1)

Published

2023-01-17

How to Cite

Igusthetia, A. T., Rosyida, R., & Rosita, F. Y. (2023). Etika Guru IPA Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i1.3670