Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Melalui Penerapan Metode Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i1.4292Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode Mind Mapping di SMP Negeri 21 Maluku Tengah. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dari tanggal 17 Februari sampai tanggal 17 Maret 2022 di kelas IX. Jumah keseluruhan 59 siswa dibagi menjadi tiga kelas. Peneliti melakukan penelitian pada 1 kelas yang berjumalah 16 siswa. Untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan pemberian Pre Test pada pra siklus dan Pos Test pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunkan metode Mind Mapping pada materi Listrik Statis di SMP Negeri 21 Maluku Tengah. Hal ni dapat ditunjukan pada hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I dan siklus II yang menunjukan pada siklus 1, 11 siswa (68,75%) mendapat nilai tinggi, 3 sisiwa (18,75%) yang mendapat nilai tinggi, 2 siswa (12,5%) mendapat nilai sedang dan tidak ada siswa yang mendapat niai rendah dan sangat rendah dengan ketuntasan siswa 75%. Pada siklus II 13 siswa (81,25%) mendapat nilai sangat tinggi, 3 siswa (18,75%) mendapat nilai tinggi dan tidak ada siswa yang mendapat nilai sedang, rendah dan sangat rendah dengan ketuntasan siswa adalah 87,5%. Kepada penelitian lain yang ingin melakukan penelitian yang sama, agar mengembangkan metode Mind Mapping ke dalam bentuk yang lebih kolaboratif dengan media pembelajaran yang lain.References
Bloom Arihi. (2007). http://.wikipedia.org/wiki/Bloom’s_Tasonomy#kognitif. (6/10/2021)
Darajat Pary, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Terbimbing (Guiden Inquiry) Dipariasikan Dengan Media Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik kela VII SMP N 4 SALAHUTU, repository.iainambon.ac.id. hlm. 159 (15 september 2021)
Fitrianingtyas, A. (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Dincovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol 1, No (6), hlm 709
Gasong, D. Belajar dan Pe,belajaran, (yogyakarta : DEEPUBLIS, 2018). Hlm 205
Giancoli, Douglas c. (2001). Fisika edisi kelima, (Jakarta: erlangga)
H Gunawan. Pendidikan Karakter Imam Gunawan, (Bandung : Alfabeta)
Halliday, David. Resnick, Robert. Walker, Jearl. (2010). FISIKA DASAR,. (Jakarta,7)
Hasanah. D Uswatun, Achsani. F, (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon, e-jaournal. Vol 1. No. 1
Imamah, N. (2012). Pengkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstrktivime Dipadukan Dengan Video Animasi Materi System Kehidupan Tumbuhan, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Ol 1, No (1)
Lestari Indah. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minar Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Formatif . vol. 3, No(20), hlm 115-125
Listyawati, Muji. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP, Journal Of Innovative Science Education, vol 1, hlm 2252-6412
Maesaroh Siti.(2013). Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan.Vol(1), No 1.
Dr. Julhadi, 2020 Hasil Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Media Komputer dan Motivasi, Jawa Barat : EDU Publisher
Sinar, 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar, Yogyakarata : Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Lufri, 2020. Metodologi Pembelajaran, Purwokerto : CV IRDH.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Mursalin, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Synectics: Mampukah Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa?. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(1), 26-32.
Nasution M.K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, jurnal Imiah Bidang Pendidikan. Vol 11, No1. Hlm 1987-8169
Olivia, Femi. Gembira belajar dengan Mind Mapping, (Jakarta: Gramedia 2008).
Ruanto, bambang. Drs . M. Si (2005). Asas-asas fisika, (yogyakara) pertama, hlm 136-168
S Anitah, Strategi Pembelajaran, (Jakarta : Universitas Terbuka)
Suharsimin, Arikonto. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. (Cet. III; Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2002),
Wibowo, Nugroho. (2016). Upayah Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negri 1 SAPTSARI. Jurnal Electronics, Informatics dan Vocational Education (ELINVO), vol 1, no. 2
Windura, Sutanto. (2016), Mind Mapping Langkah Demi Langkah, (Jakarta : PT Elex Media Komputindo)
Yusuf Munir, PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN, (Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018) hlm 126
Yuzarion. (2017). Factor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan, 107-117, (2),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.