Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 14 Ambon

Authors

  • Novi Susanti Prodi Tadris IPA IAIN Ambon
  • Adam Latuconsina IAIN Ambon
  • Siti Mutiaraningsih Asshagab IAIN Ambon
  • Enggal Mursalin

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i1.4293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe kuantitatif melalui rancangan pre-eksperimen “one group pretest-posttest design” dengan tujuh kelas VIII tahun ajaran 2021-2022 sebagai populasi 223 orang pada sampel 31 orang dengan kelas VIII-E berdasarkan “random sampling” secara acak dengan metode undian. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan partisipan dan test dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil temuan menjelaskan penerimaan hipotesis alternatif dengan nilai rata-rata posttest 75.32 dan hasil nilai dari pretest hanya sebesar 53.06 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,023 < 0,05 yang diperoleh dari data variabel bebas 47.60% dan variabel terikat 53.40%, sehingga “ada pengaruh” penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Artawan. (2010). Media Animasi. Jakarta: Yrama Widya.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Fadli, A., Suharno., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional “Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone, 52-57. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jinotep: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110-120.

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).

Mursalin, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Az Screen Recorder Untuk Mendukung Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEKAMAS), 1(2), 70-78.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha 6(1), 9-19.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putra, A. P. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI Arjosari Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Implementasi Pembelajaran Teknik Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-42.

Riduwan. (2018). Dasar–Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Wuri; & Fathurrohman. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Susanti, N., Latuconsina, A., Asshagab, S. M., & Mursalin, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 14 Ambon. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i1.4293