Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 14 Ambon
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i1.4293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe kuantitatif melalui rancangan pre-eksperimen “one group pretest-posttest design” dengan tujuh kelas VIII tahun ajaran 2021-2022 sebagai populasi 223 orang pada sampel 31 orang dengan kelas VIII-E berdasarkan “random sampling” secara acak dengan metode undian. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan partisipan dan test dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil temuan menjelaskan penerimaan hipotesis alternatif dengan nilai rata-rata posttest 75.32 dan hasil nilai dari pretest hanya sebesar 53.06 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,023 < 0,05 yang diperoleh dari data variabel bebas 47.60% dan variabel terikat 53.40%, sehingga “ada pengaruh” penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Artawan. (2010). Media Animasi. Jakarta: Yrama Widya.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S. B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Fadli, A., Suharno., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional “Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone, 52-57. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jinotep: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110-120.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Mursalin, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Az Screen Recorder Untuk Mendukung Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEKAMAS), 1(2), 70-78.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha 6(1), 9-19.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Putra, A. P. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI Arjosari Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Implementasi Pembelajaran Teknik Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-42.
Riduwan. (2018). Dasar–Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Wuri; & Fathurrohman. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.