FENOMENA TREN LGBT MENURUT PANDANGAN AL-QUR’AN BERKAITAN DENGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PENYAKIT MENULAR SEKSUAL
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.4961Abstract
Manusia memiliki fitrah menyukai lawan jenis atau kecenderungan heteroseksual sebagai satu ciri identitas makhluk biologis yang normal. Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap gender laki-laki yaitu maskulin dan gender perempuan yaitu feminism dan jika ada hal yang berbeda dari konsep kedua gender tersebut merupakan sesuatu hal yang menyimpang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih jauh tentang trend LGBT menurut pandangan al-qur’an berkaitan dengan pembelajaran biologi di SMA. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan analisis data yang didapatkan dengan cara studi literatur. Pada perkembangan masa remaja merupakan masa yang sulit untuk mengontrol diri karena pengaruh dalam lingkungannya. Perkembangan masa remaja yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan munculnya permasalahan pada remaja. Pada remaja yang terlibat peristiwa LGBT, bisa menimbulkan persoalan yang sangat serius yaitu masalah kesehatan reproduksi yakni NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat adaptif lainnya), HIV/AIDS dan sikap seksual. Penyimpangan seksual bisa terjadi kepada siapa saja. Salah satu bentuk penyimpangan adalah LGBT, disebabkan karena adanya faktor dari lingkungan, perlakuan orang tua terhadap anak, tayangan pornografi, dan masalah hidup seperti perekonomian dan kejiwaan.References
Afiyah, Regina Solihatul. (2023). Fenomena LGBT Beserta Dampaknya di Indonesia. Gunung Djati Conference Series, 23, 822-830
Arif, Muhammad, & Dwi, Sukmanila Sayska. (2018). LGBT dalam Tinjauan Al-Qur'an dan Sunnah. El-Hikam: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 11(2), 254-280.
Arizal, A., Gita, G., Irwansyah, I., Kurnianti, I., & Fajar Kurniawan, M. (2021). Prilaku Homoseksual Komunitas Mua Banjarmasin dan Komunikasi Persuasif sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Menular Seksual Melalui Penyuluhan Kesehatan. Jurnal Health Sains, 2(7), 848–857. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i7.215
Artaria, Myrtati. (2016). Dasar Biologis Variasi Jenis kelamin, Gender, dan Orientasi Seksual. Biokultur, 5(2), 157-165.
Aryanti, Z. (2017). Faktor resiko terjadinya LGBT pada anak dan remaja. Nizham Journal of Islamic Studies, 4(1), 42-49.
Dwilaksono, Widiyanto, & Wahyu, Raharjo. (2013). Kontrol Diri dan Perilaku Seksual Permisif pada Gay.Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5, 108-115.
Ermayani, T. (2017). LGBT dalam perspektif islam. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 17(2), 147-168.
Hamzah, Agus, & Septiana, Dwiputri Maharani. (2021). LGBT dalam Perspektif Deotologi Immanuel Kant. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 100-110.
Hasan Zaini. (2016). LGBT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Hasan Zaini. Jurnal Ilmiah Syari‘Ah, 15(01), 65–73.
Hirdayadi, I., & Susanti, H. (2018). DIVERSI DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI INDONESIA DAN TINJAUANNYA MENURUT HUKUM ISLAM. LEGITIMASI: Jurnal Hukum Pidana Dan Politik Hukum.
Marsinun, R., &Riswanto, D. (2022). PENYIMPANGAN PERILAKU LGBT DITINJAU DARI ASPEK HUKUM ISLAM DAN TERAPI KONSELING REBT. JIHSIP: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Pendidikan, 1(1), 32-39.
Nugraha, N., Widianti, E., & Senjaya, S. (2020). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender (Lgbt) Di Sma X Garut. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 6(1), 16-26.
Prakasa, A. K. (2017). Integrasi Materi Pencegahan Perilaku Lgbt Dalam Buku Siswa Pai Dan Budi Pekerti Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 167–192. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.142-01
Rahmawati, Nikmah. (2016). Kenakalan Remaja dan Kedisiplinan: Perspektif Psikologi dan Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 267-288.
Sifa, L. (2021). Intertekstualitas Hukuman Bagi LGBT dalam Al Quran dan Hadis Perspektif Semiotika Julia Kristeva. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hukum, 7(2), 183-194.
Zaini, Hasan. (2016). LGBT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Hasan Zaini. Jurnal Ilmiah Syari‘Ah, 15(01), 65–73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.