FLEKSIBILITAS TENAGA PENDIDIK TERHADAP PERGANTIAN KURIKULUM 2013 MENJADI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Alfia Zahro Fadhila Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5009

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak covid 19 sehingga dunia pendidikan ikut terdampak melalui PSBB dan pergantian kurikulum dari kuirkulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Pada tahapan kurikurum 2013 dan kurikulum merdeka di  MTsN Ponorogo sudah melakukan tahapan kurikulum yang sangat baik mulai dari kurikulum mulai dari perencanaan hingga evaluasi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul di analisis dan di olah kemudian di tarik menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tantangan mengenai fleksibilitas dan cara upgrade guru dalam melakukan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Penelitian yang kami lakukan, bertujuan untuk tolak ukur dalam menjalankan kurikulum sehingga mengetahui bagaimana faktor keberlangsungan kurikulum hingga dampak yang terjadi  pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh tenaga guru di MTsN Ponorogo.

References

Amalia, E., & Ibrahim, I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fiqih dengan Mengunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba. JIP: Ilmiah PGMI, 3(1), 98-107

Anwas, O. M. (2014). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 17(1), 493-504.

Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy. Qiara Media.

Ghofar, A. (2017). Fleksibilatas Pengelolaan Kelas dalam Pendidikan. Pendidikan Islam, 2.

Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara, 4, 6.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena: Yogyakarta

L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Manajemen Pendidikan Islam, 9.

Mahase, E. (2020). China coronavirus: WHO declares international emergency as death toll exceeds 200. BMJ (Clinical Research Ed.)

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Natasya, N. D. (20019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Daasr Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3, 47–54.

Santika, G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Nalisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Sari, R. M. (2019). HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Komunits Bahasa, 7(1), 33–38.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Penddikan Bahasa Dan Sastra, 1, 13–28.

Susanti, E., Halimah, M., Harta, R., & Karyana, A. (2018). Desain video pembelajaran yang efektif pada pembelajaran jarak jauh: studi di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185.

Published

2023-07-20

How to Cite

Fadhila, A. Z. (2023). FLEKSIBILITAS TENAGA PENDIDIK TERHADAP PERGANTIAN KURIKULUM 2013 MENJADI KURIKULUM MERDEKA. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 2(2), 66–73. https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5009