INTEGRASI ISLAM-SAINS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5105Abstract
Sains adalah kumpulan pengetahuan manusia yang menyatu melalui proses penelitian dan dapat dibenarkan atau bahkan diterima dengan akal sehat. Islam adalah agama monoteistik yang didasarkan pada ilmu pengetahuan. Dalam mengintegrasikan sains (biologi) dan Islam (Alquran), Al-Qur'an harus diletakkan di awal kajian dan tidak dijadikan sebagai pembenaran klaim-klaim ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan literature review terhadap beberapa artikel yang sesuai dengan penelitian yang dilaksanakan. Metode yang digunakan yaitu literature review dengan cara menelusuri artikel-artikel yang ada pada jurnal yang terakreditasi atau terindeks nasional maupun internasional terkait Integrasi Islam-Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model integrasi Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi yaitu menempatkan Al-Qur’an pada awal pembelajaran sebagai sumber rujukan utama yang kemudian menjelaskan berbagai fenomena ilmu pengetahuan. (2) model integrasi Al-Quran sebagai sumber konfirmasi, yaitu melakukan analisis/diskusi kritis terhadap fenomena sains, yang kemudian ditegaskan oleh Alquran dalam arti temuan ilmu pengetahuan menjelaskan apa yang dinyatakan Alquran. (3) Kedua model dapat digunakan secara bersamaan dan sinergis dalam pembelajaran biologi.References
Adawiyah, R. (2016). Integrasi sains dan agama dalam pembelajaran kurikulum PAI (perspektif islam dan barat serta implementasinya). Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(1), 99-124.
Ahmad, M., Minarno, E. B., & Suyono, S. (2020). Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(2), 101-114.
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza, 1(2), 212-229.
Marvavilha, A., & Suparlan, S. (2018). Model integrasi nilai Islam dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 18(1), 59-80.
Minarno, E. B. (2017). Integrasi Sains-Islam dan implementasinya dalam pembelajaran biologi. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (pp. 664-669).
Muspiroh, N. (2013). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484-498.
Naja, H., Rizqi, A. N., Zahroh, R. D., Mahardika, A. A., & Hidayatullah, A. F. (2021). Integrasi Sains dan Agama (Unity of Science) dan Pengaplikasiannya terhadap Penerapan Materi Reproduksi dan Embriologi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 70.
Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3), 188-202.
Rumondor, P., & Putra, A. (2020). Integrasi Interkoneksi Esensi Pendidikan Islam dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 331-341.
Saripudin, P. (2018). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 48.
Yaqin, M. A., Astuti, E. W., Anggraini, C. E. A., & Hidayatullah, A. F. (2020). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 78-83.
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi keilmuan sains dan islam dalam proses pembelajaran rumpun IPA. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (pp. 703-708).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.