INTEGRASI ISLAM-SAINS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Atiqah Nabila Febril Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5105

Abstract

Sains adalah kumpulan pengetahuan manusia yang menyatu melalui proses penelitian dan dapat dibenarkan atau bahkan diterima dengan akal sehat. Islam adalah agama monoteistik yang didasarkan pada ilmu pengetahuan. Dalam mengintegrasikan sains (biologi) dan Islam (Alquran), Al-Qur'an harus diletakkan di awal kajian dan tidak dijadikan sebagai pembenaran klaim-klaim ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan literature review terhadap beberapa artikel yang sesuai dengan penelitian yang dilaksanakan.  Metode yang digunakan yaitu literature review dengan cara menelusuri artikel-artikel yang ada pada jurnal yang terakreditasi atau terindeks nasional maupun internasional terkait Integrasi Islam-Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model integrasi Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi yaitu menempatkan Al-Qur’an pada awal pembelajaran sebagai sumber rujukan utama yang kemudian menjelaskan berbagai fenomena ilmu pengetahuan. (2) model integrasi Al-Quran sebagai sumber konfirmasi, yaitu melakukan analisis/diskusi kritis terhadap fenomena sains, yang kemudian ditegaskan oleh Alquran dalam arti temuan ilmu pengetahuan menjelaskan apa yang dinyatakan Alquran. (3) Kedua model dapat digunakan secara bersamaan dan sinergis dalam pembelajaran biologi.

References

Adawiyah, R. (2016). Integrasi sains dan agama dalam pembelajaran kurikulum PAI (perspektif islam dan barat serta implementasinya). Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(1), 99-124.

Ahmad, M., Minarno, E. B., & Suyono, S. (2020). Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(2), 101-114.

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza, 1(2), 212-229.

Marvavilha, A., & Suparlan, S. (2018). Model integrasi nilai Islam dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 18(1), 59-80.

Minarno, E. B. (2017). Integrasi Sains-Islam dan implementasinya dalam pembelajaran biologi. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (pp. 664-669).

Muspiroh, N. (2013). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484-498.

Naja, H., Rizqi, A. N., Zahroh, R. D., Mahardika, A. A., & Hidayatullah, A. F. (2021). Integrasi Sains dan Agama (Unity of Science) dan Pengaplikasiannya terhadap Penerapan Materi Reproduksi dan Embriologi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 70.

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3), 188-202.

Rumondor, P., & Putra, A. (2020). Integrasi Interkoneksi Esensi Pendidikan Islam dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 331-341.

Saripudin, P. (2018). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 48.

Yaqin, M. A., Astuti, E. W., Anggraini, C. E. A., & Hidayatullah, A. F. (2020). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 78-83.

Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi keilmuan sains dan islam dalam proses pembelajaran rumpun IPA. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (pp. 703-708).

Published

2023-07-24

How to Cite

Febril, A. N. (2023). INTEGRASI ISLAM-SAINS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5105