Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning bernuansa Emotional Spiritual Quotient: Kajian Meta-Analisis
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i2.7586Keywords:
Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Emotional Spiritual QuotientAbstract
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran biologi perlu dioptimalkan untuk proses pembelajaran biologi. LKPD bisa dilengkapi dengan model pembelajaran abad 21 salah satunya Problem Based Learning. Kurikulum Merdeka tidak hanya mengutamakan intelektual saja tetapi melainkan juga sikap spiritual maka dari itu, LKPD bisa dikaitkan dengan dikaitkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan LKPD berbasis PBL maupun LKPD bernuansa ESQ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta-analisis yaitu mengumpulkan artikel sejenis dari berbagai jurnal nasional dari tahun 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel terkait pengembangan LKPD berbasis PBL maupun LKPD bernuansa ESQ. Hasil penelitian ini rata-rata nilai validitas diperoleh 90,8 % dikategorikan sangat valid sedangkan rata-rata nilai praktikalitas diperoleh 90,1% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis, pengembangan LKPD berbasis PBL maupun LKPD bernuansa ESQ memenuhi kriteria sangat valid sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khairatunnisa Khairatunnisa, Ardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.