Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning bernuansa Emotional Spiritual Quotient: Kajian Meta-Analisis

Authors

  • Khairatunnisa Khairatunnisa
  • Ardi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i2.7586

Keywords:

Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Emotional Spiritual Quotient

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran biologi perlu dioptimalkan untuk proses pembelajaran biologi. LKPD bisa dilengkapi dengan model pembelajaran abad 21 salah satunya Problem Based Learning. Kurikulum Merdeka tidak hanya mengutamakan intelektual saja tetapi melainkan juga sikap spiritual maka dari itu, LKPD bisa dikaitkan dengan dikaitkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan LKPD berbasis PBL maupun LKPD bernuansa ESQ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta-analisis yaitu mengumpulkan artikel sejenis dari berbagai jurnal nasional dari tahun 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel terkait pengembangan LKPD berbasis PBL maupun LKPD bernuansa ESQ. Hasil penelitian ini rata-rata nilai validitas diperoleh 90,8 % dikategorikan sangat valid sedangkan rata-rata nilai praktikalitas diperoleh 90,1% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis, pengembangan LKPD berbasis PBL maupun LKPD bernuansa ESQ memenuhi kriteria sangat valid sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Khairatunnisa, K., & Ardi. (2024). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning bernuansa Emotional Spiritual Quotient: Kajian Meta-Analisis. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 3(2), 69–77. https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i2.7586