Pencapaian Hasil Belajar Fisika dan Perilaku Berkarakter Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i2.7631Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar Fisika, Perilaku BerkarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar fisika dan perilaku berkarakter siswa yang diajarkan dengan menggunakan model problem based instruction. Penelitian ini dilaksanakan bertempat di SMPN Satu Atap Oki Baru. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, lembaran penilaian afektif, lembaran penilaian psikomotor, dan lembaran angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui pencapaian hasil belajar fisika dan perilaku berkarakter siswa. Hasil penelitian pada kelas IX1 SMPN Satu Atap Oki Baru menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah diajarkan dengan menggunakan model problem based Instruction materi tata surya dari 25 siswa yaitu (16%) sangat baik 4 siswa, (80%) baik 20 siswa dan (4%) cukup 1 siswa memiliki nilai tuntas yaitu memenuhi nilai KKM berbeda dengan sebelum diajarkan dengan menggunakan model problem based instruction dari 25 siswa yang tuntas hanya 6 siswa yaitu (8%) baik 2 siswa, (16%) cukup 4 siswa dan (76%) gagal 19 siswa tidak memenuhi nilai KKM sedangkan pada hasil respon siswa tehadap perilaku berkarakter menunjukan bahwa hasilnya sangat baik (88%) dan baik (12%) pada lembar angket terdapat (54%) sangat setuju dan (45%) setuju. Kesimpulan dari penelitian ini yakni melalui penerapan model problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar dan mewujudkan perilaku yang sangat baik dan baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mawar Indayani, Fahrizal Silawane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.