Pengaruh Pendekatan Science Environment Technology and Society pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Authors

  • Hufila Ode Rabadia IAIN Ambon
  • Djaffar Lessy IAIN Ambon
  • Siti Mutiaraningsih Asshagab
  • Enggal Mursalin IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i2.9228

Keywords:

Science Environment Technology and Society, Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Science Environment Technology and Society pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII di MTs Nurul Huda Limboro. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Seluruh siswa kelas VII terlibat sebagai populasi dan sampel diambil dengan menggunakan purposive random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes kemampuan literasi sains. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji independent samples t-test dengan bantuan SPSS Statistic 27. Hasil data posttest dengan menggunakan software SPSS Statistic 27 memperoleh nilai signifikansi uji independent samples t-test yaitu sebesar 0,000 < (α) 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Science Environment Technology and Society berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Rabadia, H. O., Lessy, D., Asshagab, S. M., & Mursalin, E. (2024). Pengaruh Pendekatan Science Environment Technology and Society pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i2.9228