Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Materi Gerak Lurus di MTs Nurul Huda Limboro
DOI:
https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i1.9416Keywords:
Berpikir Kritis, Gerak LurusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan Macromedia Flash terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi gerak lurus di MTs nurul Huda Limboro. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis adalah tes berbentuk pilhan ganda dan penyebaran angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dengan bantuan Software IBM SPSS Statistics 27 dan pengolahan angket respon menggunakan Microsoft Office Excel. Hasil data pretest dengan menggunakan Software IBM SPSS Statistics 27 memperoleh nilai uji-t 0,000 < (ɑ) 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukan bahwa pengunaan macromedia flash dapat eningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Hasil analisis angket respon siswa terhadap penggunaan macromedia flash sangat baik, dengan memperoleh nilai rata-rata 78,97 siswa MTs Nurul Huda Limboro memberikan respon positif terhadap penggunaan macromedia flash.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ridayanti Abd Kahar, M. Rizal Hardiansyah, Enggal Mursalin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.