Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Materi Gerak Lurus di MTs Nurul Huda Limboro

Authors

  • Ridayanti Abd Kahar IAIN Ambon
  • M. Rizal Hardiansyah IAIN Ambon
  • Enggal Mursalin Prodi Tadris IPA, IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i1.9416

Keywords:

Berpikir Kritis, Gerak Lurus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan Macromedia Flash terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi gerak lurus di MTs nurul Huda Limboro. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis adalah tes berbentuk pilhan ganda dan penyebaran angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dengan bantuan Software IBM SPSS Statistics 27 dan pengolahan angket respon menggunakan Microsoft Office Excel. Hasil data pretest dengan menggunakan Software IBM SPSS Statistics 27 memperoleh nilai uji-t 0,000 < (ɑ) 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukan bahwa pengunaan macromedia flash dapat eningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Hasil analisis angket respon siswa terhadap penggunaan macromedia flash sangat baik, dengan memperoleh nilai rata-rata 78,97 siswa MTs Nurul Huda Limboro memberikan respon positif terhadap penggunaan macromedia flash.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Kahar, R. A., Hardiansyah, M. R., & Mursalin, E. (2025). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Materi Gerak Lurus di MTs Nurul Huda Limboro. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.33477/al-alam.v4i1.9416