INOVASI PEMBIAYAAN POLA GRAMEEN BANK DI KSPPS BMT ITQAN
DOI:
https://doi.org/10.33477/thk.v15i1.857Abstract
Koperasi Syariah atau Baitul Maal wa Tamwil (BMT) memiliki peran strategis.Namun perlu dukungan dari berbagai pihak agar BMT, sebagai lembaga keuangan mikro syariah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta berkelanjutan (sustainable). Dalam perjalanannya, banyak BMT yang eksis dan tumbuh menjadi besar, bahkan banyak BMT yang memiliki aset lebih besar dari pada BPR/BPRS. Grameen Bank melalui pemberian kredit pada wanita ternyata cukup efektif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena kaum wanita mempunyai kelebihan dalam manajemen keuangan. Koperasi Syariah BMT itQan mempunyai pola simpan pinjam metode kumpulan yang diadaptasi dari pola grameen bank berkembang pesat di Indonesia. Bahkan pada era digital, pola ini terus berkembang dan berinovasi untuk mempermudah transaksi baik pembiayaaan maupun simpanan sehingga lebih efektif dan efisien.Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to TAHKIM: JURNAL HUKUM dan SYARIAH as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from TAHKIM: JURNAL HUKUM dan SYARIAH.
TAHKIM: JURNAL HUKUM dan SYARIAH, the Editors and the Reviewers make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the TAHKIM: JURNAL HUKUM dan SYARIAH are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.