PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v16i1.2641Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pendekatan matematika realistik dengan model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas VIII SMP AL-Hilaal Banda Ely. 2) Besar pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas VIII SMP AL-Hilaal Banda Ely. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Hilaal Banda Ely sejumlah 30 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti membagikan soal tes dan angket untuk dikerjakan oleh siswa. Hasil tes dan angket yang telah diisi oleh siswa dan diolah peneliti untuk mencari hasil uji t dan diketahui nilai = 2,656 dikonsultasikan pada dengan n = 28 dengan taraf signifikansi 5% harga = 1,701. Hal ini menunjukan bahwa harga lebih besar dari (2,656 > 1,701) sehingga hipotesis diterima. Ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajran discovery learning terhadap motovasi belajar siswa. Nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,123 dan nilai R square 0,400. Nilai R square sebesar 0,400, atau 40%. Ini menunjukan besar pengaruh model pembelajran discovery learning terhadap motovasi belajar siswa sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning, Motivasi BelajarReferences
Arikunto Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara,
Ariyadi Wijaya, Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendidikan Matematika. (Yogyakarta: Graha Ilmu. 2011). Hal. 20
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik, (Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher, 2007), hlm. 26
Septian Wahyu Tumurun, Model Pembelajaran Discovery Learning, Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Maet-Agustus 2016.
Abid Nasikhul Muhammad. 2017. Macam-macam Indikator Motivasi Belajar. Jurnal.https://dosenmuslim.com/pendidikan/indikator-indikator-motivasi-belajar.
Djali. 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdu, Ghullam dan Agustina Lisa. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Penelitian, (2011)83.
Herman Suherman. 1994. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Kemendiknas Bahasa Pusat. 2007. Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.
Kementrian Agama RI. 2011. Al- Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.
Maolani Rukaesih A dan Cahyana Ucu. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Edisi ke-1. Cetakan ke-1. Jakarta: Rajawali.
Nasution. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2010. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikanm. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan dan Akdon. 2009. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Satiadarma, Monty P dan Fidelis E Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan Pedoman Bagi Orang Tua dan Pendidik dalam Mendidik Anak Cerdas. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sudjana Nana. 1988. Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bndung: Sinar Baru Algensindo.
Sudiono Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Muhammad Nasikhul Abid. Macam-macam Indikator Motivasi Belajar. Jurnal. 2017.https://dosenmuslim.com/pendidikan/indikator-indikator-motivasi-belajar/ (diakses 28 Jili 2019).
Uno B. Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.