STAD-TYPE COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE QUADRATIC EQUATION LEARNING OUTCOMES IN GRADE IX KUSUARI JUNIOR HIGH SCHOOL: A CLASSROOM ACTION STUDY
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v16i1.2642Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi persamaan kuadrat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IX SMP Kasuari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang terdiri dari 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi persamaan kuadrat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal hasil belajar per siklus. Siklus 1 post-test persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Dan ketuntasan klasik post-test siklus 2 adalah 85%. Observasi juga menunjukkan peningkatan partisipasi siswa dan kemampuan mereka untuk berkolaborasi dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi persamaan kuadrat dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan partisipatif.
References
Baharuddin, A., & Ramli, R. (2017). The Effect of STAD Cooperative Learning Model and Motivation Toward Learning Outcomes of Mathematics. International Journal of Science and Research, 6(8), 1987-1991.
Indayani, M., Hunusalela, A. J., & Mursalin, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN 3 SALAHUTU. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 359-365.
Kartika, N., & Wahyuni, A. (2019). Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Jurnal E-DuMath, 2(1), 37-44.
Nurhikmah. (2020). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Ambon. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 14-23.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulistyo, B. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 90-99.