Pembelajaran Konsep Level Simbolik Melalui Pendekatan Induktif dan Deduktif
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v15i1.1421Keywords:
deduktif, induktif, kesetimbangan kimia, level simbolikAbstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pemberian pemahaman konsep level simbolik melalui pendekatan induktif dan pendekatan deduktif pada kelas XI IA SMA Negeri 1 Tellu Limpoe. Desain penelitian adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi adalah seluruh kelas XI IA SMA Negeri 1 Tellu Limpoe yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kelas induktif 67,8750 sedangkan kelas deduktif 57,2812 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 19,6897 dan 21,3636 dan ketuntasan kelas sebesar 53,12% dan 31,25%. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan statistik t dua pihak diperoleh bahwa nilai thitung = 2,0626 tidak terletak diantara - ttabel = -1,9993 dan ttabel = 1,9993 yang menunjukkan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran konsep level simbolik melalui pendekatan induktif dan deduktif pada kelas XI IA SMA Negeri 1 Tellu Limpoe.References
Barke. (2009). Misconceptions In Chemistry. Berlin: Springer.
Firman, H. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bakti Utama.
Kuswati, dkk. (2004). Sains Kimia 2A. Jakarta; bumi aksara.
Nur, M. (2011). Model Pengajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Purba, M. (2007). Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Taber, K.S. Learning at the Symbolic Level. (pp. 75-98). (2009). In Gilbert, J.K., & Treagust, D. Models and Modeling in Science Education Cambridge: Springer.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.