Perencanaan Pembelajaran Program Full Day School di MIT As Salam Ambon
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v15i1.1424Keywords:
full day school, kurikulum, perencanaan pembelajaran,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran program full day school di MIT As Salam Ambon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitattif. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Waka kurikulum dan Guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Michael Huberman yang gterdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran program full day school membentuk kualitas akhlak siswa. Perencanaan pembelajaran program full day school, mengintegrasikan antara kurikulum Kementerian Agama ( Kemenag), kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas) dan kurikulum Sekolah Islam Terpadu Nasional (JSIT) dengan muatan pendidikan Islam yang dirancang khusus dengan pendekatan teori kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual serta diperkaya dengan sistem pendekatan Islami melalui pengintegrasian antara aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agamaReferences
Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anita Lie dan Sarah Prasasti. (2005). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Gramedia.
Arifin, Zainal. (2012) Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam.Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.
Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Budi Asyari Afwan. (2002). Full Day School dengan Metode Pengajaran Dialogis Emansipatoris.
Hamalik, Oemar. (2006).Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara. Diakses dari http://blogspot.com/2013/02/full-day-school.html?m=1. Pada tanggal 2 September 2015 Pukul 21.30 WIT.
Khusnul Mufidati. (2013). Full Day School dan Terpadu. Surabaya.
Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhab Sukro, dkk .(2004) Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu. Jakarta
Profil Sekolah MIT As Salam Ambon Tahun Pelajaran 2015-2016
Sulistyaningsih, Wiwik. (2008). Full Day School & Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.
Sumhaji. (2006). Manajemen Madrasah (Telaah Atas Realita Manajemen Pendidikan Di Madrasah ). Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Wiwik Sulistyaningsih. (2008). Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.