PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTIONING, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KONSEP SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII MTs LIMBORO
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v15i2.3521Abstract
Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi, yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi preview, questioning, read, reflect, recete, review (PQ4R) pada mata pelajaran IPA biologi konsep sistem ekskresi di kelas VIII MTs limboro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Limboro yang berjumlah 30 orang. penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa presentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 87,09%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa materi Sistem ekskresi di MTs Limboro.
References
BSNP. 2008. Petunjuk Teknis Pengembangan. Jakata: Diknas.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah Saiful Bahri & Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik Oemar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi aksara
Muhkal, M., 1994. Hubungan Antara Konsepsi Diri Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa-siswa Kelas I SMA Negeri di Kota Madya Ujung Pandang. Tesis Program Pasca Sarjana. IKIP Malang.
Riyanto Yatim, 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana
Sabri Ahmad, 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Ciputat: PT Ciputat Press
Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana Nana, 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Aglesindo
Sudjana, N., 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S., 1982. Psikologi Pendidikan: Materi Pendidikan Program Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Depdikbud.
Trianto, 2007 Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif, Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto, 2010 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana
Tim Pelatihan Proyek PGSM. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Dekdikbud Dikti. 1999.
Wena Made, 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara
Winkel, 1984.Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar (Jakarta : Grasindo.
Slameto, 1991. Proses Belajar Mengajar dalam SKS, Aksara, Jakarta.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, UM Press, Malang.
Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan Sistem CBSA, Sinar Baru Agresindo, Jakarta.