KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS BERTIPE KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERKAIT DENGAN KONSERVASI BAGI ANAK BERUSIA 7-8 TAHUN

Authors

  • Ajeng Gelora Mastuti IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v10i2.694

Abstract

Banyak guru anak usia dini tidak mampu menciptakan lingkungan matematis yang kaya dalam kelas mereka dan matematika yang berhubungan dengan interaksi guru-anak jarang terjadi di kelas. Seseorang dengan kecerdasan logis matematis memiliki ciri diantaranya mampu berpikir menurut aturan logika, berdasarkan struktur, menurut urutan yang sesuai, mengklasifikasi, mengkategorisasi dan mampu me-nganalisis angka-angka serta memiliki ketajaman dalam berspekulasi dengan menggunakan kemampuan logikanya. Di usia prasekolah 4-6 tahun dan 7-8 tahun, anak mulai mengembangkan kecerdasannya. Informasi yang diperolehnya dari berbagai eksperimen, pengamatan serta jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Sebelum memasuki usia remaja, anak-anak ini menjelajahi berbagai pola, kategori dan hubungan, dengan secara aktif memanipulasi lingkungan, serta bereksperimen dengan berbagai hal menggunakan cara yang terkendali dan teratur. Saat remaja mereka mampu menggunakan bentuk pemikiran logis yang sangat abstrak. Aplikasi kemampuan berpikir logis bertipe kecerdasan logis matematis dengan konservasi anak usia kelas 1 dan 2 SD, diantaranya: kategorisasi/penggelompokan, men-cocokkan/ menghubungkan, membandingkan, pemahaman bentuk geometri, pema-haman bilangan (number bond). Aplikasi tersebut merupakan dasar bagi anak untuk belajar hukum konservasi, dalam hal ini meliputi konservasi bilangan, konservasi substansi, konservasi panjang, konservasi luas, dan konservasi berat. Keyword: Lembaga Pendidikan, Relasi Etnik

References

Canfield, R. L., & Smith, E. G. (1996). Number-based expectations and sequential enumeration by 5-month-old infants. Developmental Psychology, 32, 269-279.

Copple, C. E. (2004). Mathematics curriculum in the early childhood context. In D. H.

Clements, J. Sarama & A.-M. DiBiase (Eds.), Engaging young children in mathematics (pp. 83-90). Mahwah, NJ: Erlbaum.

Gardner, H., 1983, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Geist, E. (2004). Children are born mathematicians: Promoting the construction of early mathematical concepts in children under five. Annual Editions: Early Childhood Education, 178-183.

Gelman, R. (1969). Conservation acquisition: A problem of learning to attend to relevant attributes. Journal of Experimental Child Psychology, 7, 167-187.

Gelman, R., & Baillargeon, R. (1983). A review of some Piagetian concepts. In J. H. Flavell E. M.

Markman (Eds.), Handbook of child psychology, Vol. 3: Cognitive development (4th edition) (pp. 167-230). New York, NY: Wiley . Gelman, R., & Gallistel, C. R. (1978). The child’s understanding of number.

Cambridge, Harvard University Press. Ginsburg, H. P., Inoue, N., & Seo, K.-H. (1999). Young children doing mathematics: observations of everyday activities. In J. V. Copley (Ed.), Mathematics in the Early Years (pp. 88-99). Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics.

Ginsburg, H. P. (2006). Mathematical play and playful mathematics: A guide for early education. In D. Singer, R. M. Golinkoff & K. Hirsh-Pasek (Eds.), Play=Learning: How play motivates and enhance children’s cognitive and socialemotional growth (pp. 145-165). New York, NY: Oxford University Press.

Hurlock, Elizabeth B., 1980, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Erlangga, Jakarta.

Inhelder, Barbel, & Jean Piaget, 2010, Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet. 1.

Monks, dkk.F. J., 1985, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Mussen, Henry, Paul, 1996, Perkembangan dan Kepribadian Anak, Terj. Meitasari Tjandrasa, Erlangga, Jakarta, Ed.6.

Piaget, Jean, 1988, Antara Tindakan Dan Pikiran, disunting oleh Agus Cremers, PT. Gramedia, Jakarta.

Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sarama, J., & Clements, D. H. (2002). Building blocks for young children’s mathematical development. Journal of Educational Computing Research, 27(1&2), 93-110.

Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early Childhood Mathematics Education Rese-arch: Learning trajectories for young children. New York, NY: Routledge.

Sarama, J., DiBiase, A.-M., Clements, D. H., & Spitler, M. E. (2004). The professional development challenge in preschool mathematics. In D. H.

Clements, J. Sarama & A.-M. DiBiase (Eds.), Engaging young children in mathematics (pp. 415-446). Mahwah, NJ: Erlbaum.

Suparno, Paul, 2001, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Kanisius, Yogyakarta.

Starkey, P. (1992). The early development of numerical reasoning. Cognition, 43, 93-126.

Starkey, P., Spelke, E. S., & Gelman, R. (1990). Numerical abstraction by human infants. Cognition, 36, 97-128.

Downloads

Published

2019-01-09