Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berfikir Siswa Kelas VIII di Mts Negeri Batu Merah, Ambon

Penulis

  • Yusuf Abdurrachman Luhulima IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v14i2.1737

Kata Kunci:

kemampuan berfikir, siswa MTs. N, bahasa arab

Abstrak

Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran Bahasa Arab guna meningkatkan kemampuan berfikir siswa adalah model kooperatif tipe Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah action research (tindakan kelas) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kemapuan berfikir siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tangal 10 Oktober sampai 25 November 2017 yang berlokasi di MTs Negeri Batu Merah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berfikir Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N Batu Merah. Hal ini terlihat pada nilai yang berada pada kategori sangat baik pada siklus I sebanyak 9 orang dengan persentase 22,5% menjadi 31 orang dengan persentase 97,5% pada siklus II. Kemampuan berfikir pada siklus I siswa kategori baik sebanyak 16 orang dengan persentase 40% berkurang menjadi 8 orang dengan persentase 20% di siklus II, kategori cukup sebanyak 11 orang dengan persentase 27,5% di siklus I berkurang menjadi 1 orang dengan persentase 2,5% pada siklus II, kategori kurang sebanyak 4 orang dengan persentase 10% dan pada siklus II menjadi tidak ada seorang pun yang memperoleh kategori kurang maupun gagal. Secara umum peningkatan ini terjadi karena siswa sudah mulai termotivasi dengan diterapkannya model pembelajaran tipe NHT, muncul rasa ingin tahu mengenai materi yang dibahas guru dan timbulnya rasa percaya diri pada siswa. Bertanya pada teman akan lebih memudahkan siswa yang secara akademik kurang, mudah memahami suatu konsep karena menggunakan bahasa yang lebih sederhana

Referensi

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jurusan Pendidikan dan Teknologi.

Ibrahim, M, dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univesity Press.

Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta

Mahdianah. 2003. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan

Prawirohartono, dkk. 1997. Sains Bahasa Arab -2b. Jakarta: Bumi Aksara

Rini Rahmayani Syam. 2008. Peningkatan Kemampuan berfikir Bahasa Arab melalui Penerapam Model Pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas X7 SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. FMIPA. UNM. Makassar

Sardiman, A.M. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Simatupang, Halim. 2007. Pendidikan. www.halimsimatupang.blogspot.com.

Diakses 2 Februari 2008.

Suherman, Erman. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. www.educare.e-fkipunla.net. Diakses 14 Juli 2008.

Tim Penyusun. 2005. Model-model Pengajaran dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Widdiharto. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP (Makalah Seminar). Yogyakarta. Direktora Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.

Diterbitkan

2021-01-21