PENGGUNAAN BUKU AJAR HIDROKARBON BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP): EFEKTIFKAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA?

Penulis

  • Enggal Mursalin Prodi Tadris IPA, FITK, IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v15i2.2548

Abstrak

Abstrak

Kewirausahaan merupakan syaraf pusat atau pengendali perekonomian suatu bangsa. Semangat yang terkandung dalam kewirausahaan atau yang lebih dikenal dengan istilah entrepreneurship pada hakikatnya adalah segala upaya untuk menciptakan kemakmuran bagi individu atau sekelompok orang dan sekaligus memberikan nilai positif bagi masyarakat luas. Mendukung hal tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi minat berwirausaha mahasiswa setelah diberikan materi kuliah hidrokarbon berbantuan buku ajar yang berorientasi chemoentrepreneurship (CEP). Subyek dalam penelitian ini yakni 22 orang mahasiswa Program Studi Tadris IPA IAIN Ambon Angkatan 2018 dan 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni Action Research (PTK) dengan pertimbangan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya. Penggunaan buku ajar mata kuliah hidrokarbon berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) menghasilkan kesimpulan bahwa buku ajar tersebut dalam penggunaannya pada perkuliahan dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa, dimana 81.8% (18 orang) mahasiswa mempunyai minat berwirausaha tergolong dalam kriteria sangat tinggi. Melalui penelitian ini, diharapkan menjadi acuan pengembangan buku ajar serupa di rumpun bidang ilmu sains dalam upaya menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa.

Kata kunci: Buku Ajar, Hidrokarbon, Chemoentrepreneurship

Referensi

Alma, 2005, Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Bandung: Alfabeta.

Debby, J.R., F. R Christny, A. M Revolson, Z. W. Johana. 2009. Pengembangan Potensi Kewirausahaan Mahasiswa Biologi di bidang Peternakan melalui Pemagangan di PT Kawanua Kahuripan Pantera. ABDIMAS, 2(4). (Diunduh pada 4 Desember 2019).

Doboli S., Gerda L.K., John Impagliazzo, Xiang Fu, Edward H. Currie. 2010. A Model of Entrepreneurship Education for Computer Science and Computer Engineering Students. 40th ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference. 978-1-4244-6262- 9/10/$26.00 ©2010 IEEE October 27 - 30, 2010, Washington, DC.

El-ghohary H., S. O’leary, P. Radway. 2012. Teaching on Science and Tecnology Degrees on Students Attitudes in Developing Economies: the Case of Egypt. International Journal of Online Marketing. 2(1): 25-37.

Hamzah, G.M.S and Yusof, Bt. H. 2009. Headmaster and Entrepreneurship Criteria. European Journal of Social Sciences. 11(4): 535-543.

Kusuma, E. dan K. Siadi. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berorientasi Chemoentrepreneurship untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Lifeskill Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4(1): 544-551.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supartono. 2006. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemo-Enterpreneurship (CEP). Makalah yang disampaikan pada Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNNES tanggal 11 November 2006. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Suryantara. 2010. Prosedur pembuatan modul. http://suryantara.wordpress.com/ (diunduh 20 Desember 2019).

Wurdinger, S. dan J. Rudolph. 2009. A Different Type of Success: Teaching Important Life Skills Throught Project Based Learning. Improving Schools. 12(2): 115-129. http://imp.sagepub.com/cgi/content/. (Diunduh 03/04/2020).

Diterbitkan

2020-12-15