PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ANALISIS PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI IAIN AMBON

Penulis

  • Janaba Renngiwur

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v9i2.4312

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi IAIN Ambon; kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis dalam konsep Listrik Dinamis mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi IAIN Ambon. Jenis penelitian ini penelitian korelasi untuk mengkaji dua variabel. Penelitian dilakukan di semester genap tahun akadem =ik 2012/2013 dengan materi Listrik Dinamis. Sampel penelitian  berjumlah 37 mahasiswa diambil secara purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji korelasi dengan menggunakan software SPSS for Windows versi 16.0. Setelah melakukan pembelajaran dengan metode diskusi dan laboratorium dengan metode ilmiah, kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa  Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon untuk semua indikator dalam konsep Listrik Dinamis dipengaruhi oleh rendahnya kemampuan berpikir ilmiah dan berada dalam kategori kuat. Kesimpulam bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir ilmiah terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis pada konsep Listrik Dinamis mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Ilmiah, Kemampuan Menyelesaikan Soal.

Diterbitkan

2023-03-28