APLIKASI GAYA BELAJAR SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA DI IAIN AMBON

Penulis

  • Muhammad Rijal

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v9i2.4317

Abstrak

Kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi membawa perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan. Diberlakukan kurikulum baru diharapkan dapat membenahi model pembelajaran  yang sehingga dapat menjadikan mahsiswa bersikap aktif, kreatif, dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti tertarik meneliti tentang aplikasi gaya belajar SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam konsep Morfologi Tumbuhan di IAIN Ambon Tahun Akademik 2012/2013. Tujuan tulisan ini menjelaskan tingkat kemampuan berfikir kritis mahasiswa setelah diterapkan gaya belajar somatic, auditori, visual, dan intelektual dalam konsep Morfologi Tumbuhan di IAIN Ambon. Jenis penelitian yang digunakan peenlitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Tanggart. Penulis dalam penelitian ini hanya menggunakan 1 siklus, karena di siklus pertama indikator yang dicapai dalam pembelajaran telah terpenuhi. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar SAVI dapat memperbaiki keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes awal yang rata-rata mahasiswa memiliki keterampilan berfikir kritis pada kategori rendah, sedangkan di sikulus I diperoleh hasil bahwa setelah penerapan gaya belajar SAVI, mahasiswa memiliki rata-rata nilai dalam kategori sangat tinggi dan tinggi.

 

Keywords: Gaya belajar, berfikir, kritis, morfologi.

Diterbitkan

2023-03-28