EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN OTONOMI PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TERPADU AS-SALAM AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v9i2.4322Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan proses pengambilan keputusan, pengelolaan kelembagaan, pengelolaan program, proses belajar mengajar, proses evaluasi, hubungan kerjasama dan partisipasi, sikap kemandirian, keterbukaan, keberlanjutan program, dan prestasi akademik maupun non akademik siswa Madrasah Ibtidaiyyah terpadu (MIT) As-Salam, Ambon. Pendekatan penelitian ini pemdekatan evaluasi program model CIPP yang dikembangkan Stufflebeam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawanacara, dokumentasi dan dianalisis berdasarkan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman (1994) yang meliputi, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hail penelitian menunjukkan bahwa proses kerjasama dan partisipasi proses akuntabilitas, proses evaluasi, proses kerjasama dan partisipasi proses akuntabilitas, proses kemadirian madrasah, proses keterbukaan madrasah, proses keberlanjutan program, dan nilai ujian dan nilai raport siswa baik dan mengalami peningkatan yang signifikan.
Kata kunci: Otonomi, Pendidikan Madrasah.