PENERAPAN TEORI VAN HILLE DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Djaffar Lessy

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v9i2.4324

Abstrak

Beberapa penelitian menemukan salah satu kesulitan siswa sekolah dasar dalam belajar matematika memahami materi geometri. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahn dalam memahami materi geometri ini dengan penerapan teori Van Hiele. Menurut teori Van Hiele, ada lima tahap perkembangan berpikir, antara lain: tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), dan tahap 4 (rigor). Teori ini dapat diterapkan pada pembelajaran materi bangun ruang yang meliputi tabung, kubus, balok, limas segitiga, limas segiempat, dan prisma segiempat di kelas VI SD.

 

Keywors: Teori Van Hiele, pembelajaran geometri

Diterbitkan

2023-03-28