ETIKA INTERAKSI GURU DAN PESERTA DIDIK DI KELAS DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Ridhwan Latuapo IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v10i2.697

Abstrak

Interaksi edukatif berarti interaksi yang berlangsung dalam ikatan proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dilihat dari ilmu pendidikan Islam, untuk menjadi guru dan diperkirakan dapat memenuhi tanggung jawab yang dibebankan kepadanya hendaknya bertakwa kepada Allah, berilmu, sehat jasmaniah, baik akhlaknya, bertanggung jawab dan berjiwa nasional. Guru sebagai pihak yang berinisiatif awal untuk penyelenggaraan pengajaran, sedangkan peserta didik sebagai pihak yang secara langsung mengalami dan mendapatkan manfaat dari peritiwa belajar mengajar yang terjadi. Keywords: Interaksi Guru-Peserta Didik, Pendidikan Islam.

Referensi

Al-Qur,an dan Terjemahnya, Kementerian Agama.

Ahmadi Abu dan Triprasetya Joko, Strategi Belajar Mengaja, Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Barnadib Imam Sutari, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yayasan Penerbit FIP IKIP: Yogyakarta, 1982.

Daradjat Zakiah, Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan, Bulan Bintang: Jakarta, 2008.

_____, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Damsar, Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Djamarah Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Djamarah Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. an-Nadwi Abul Hasan, Pendidikan Islam yang Mandiri, Bandung: Dunia Ilmu, 1987.

UU RI, SISDIKNAS NO 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Cet. VIII; Jakarta: Asa Mandiri, 2009.

Yunus Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Hidakarya Agung, 1992.

Uzer Usman Moh., Menjadi Guru Profesional,

Bandung: Remaja Rosda Karya. 2000.

Diterbitkan

2019-01-09