Pendekatan Pembelajaran Proses dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen di SMA
DOI:
https://doi.org/10.33477/jpb.v1i1.11404Keywords:
peningkatan, cerpen, pendekatan proses.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis cerpen serta peningkatan kemampuan menulis cerpen peserta didik kelas XI di SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mix-method), yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian hasil menulis cerpen, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan menulis cerpen peserta didik. Pada siklus pertama, sebanyak 33% peserta didik memperoleh nilai di bawah standar (≤70), dengan rata-rata nilai 61. Namun, setelah perbaikan pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) berhasil mencapai nilai di atas standar (≥70), dengan rata-rata nilai meningkat menjadi 83. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan proses efektif dalam membimbing peserta didik melalui tahapan menulis secara bertahap—mulai dari pra-menulis, menulis draf, merevisi, hingga menyunting—yang berdampak positif terhadap kualitas cerpen yang dihasilkan.
Kata kunci: peningkatan, cerpen, pendekatan proses.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Audita, Aria Bayu Setiaji, Syaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.