IMPLEMENTASI PROFESIONALITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/kjim.v2i2.2567Abstract
ABSTRACT: This research aims to find out the implementation of professionality of moral teachers in improving the quality of learning in MTs Ambon State. This study has been conducted from November 23, 2020 to December 23, 2020. Informants in this study are principals, moral teachers and learners. This research is qualitative descriptive research. The results showed that the professionalism of teachers is in the form of, teachers make RPP as a reference in carrying out learning activities, teachers are able to explain the subject matter well, teachers master the curriculum well, teachers have broad insights, teachers master learning media, teachers have good teaching skills, teachers become good role models and teachers have good personalities.
Keyword: Teacher professionalism, Akidah Akhlak, Improving the Quality of Learning
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi profesionalitas guru akidah akhlak dalam peningkatan mutu pembelajaran di MTs Negeri Ambon. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 23 November 2020 sampai dengan tanggal 23 Desember 2020. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru akidah akhlak dan peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan profesionalitas guru akidah akhlak adalah berupa, guru membuat RPP sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru mampu menjelaskan materi pelajaran dengan baik, guru menguasai kurikulum dengan baik, guru memiliki wawasan yang luas, guru menguasai media pembelajaran, guru memiliki keterampilan mengajar dengan baik, guru menjadi teladan yang baik dan guru memiliki kepribadian yang baik.
Kata kunci: Profesionalitas Guru, Akidah Akhlak, Peningkatan Mutu Pembelajaran
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, M. 2000 Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara.
M. Bashori Muchsin, Moh. Sulthon dan Abdul Wahid, 2010. Pendidikan Islam Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak, Cet. I; Bandung: Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Cet. V; Banndung: Remaja Rosdakarya.
Suparmin, 2015. Profesi Kependidikan, Sukoharjo: Fataba Press.
Surya, 2003. Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bina Aksara.
Syahidin, dkk. 2009. Moral dan Kognisi Islam, Cet. I; Bandung: Alfabeta.
Uzer Usman, Moh. 2007. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.