UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN MURID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-IKHWAN KEBUN CENGKEH DESA BATU MERAH KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/kjim.v3i2.2587Kata Kunci:
Teacher Effort, Reading Difficulty, TPQ al-IkhwanAbstrak
Abstract: The research entitled Teachers' Efforts to Overcome Student Difficulties in Reading the Qur'an at TPQ Al-Ikhwan Clove Gardens, Batu Merah Village, Sirimau District, Ambon City. The type of research used in this research is descriptive qualitative. In collecting data the author uses the method of observation, interviews, and documentation. Meanwhile, data analysis uses data reduction, and data presentation, and draws conclusions. The results showed that the teacher's efforts to overcome students' difficulties in reading the Qur'an at TPQ al-Ikhwan Kebun Cloves were, 1 by carrying out tadarus habituation, 2 by paying attention to students, 3 by motivating students. Then the supporting and inhibiting factors of students At TPQ al-Ikhwan Kebun Cloves, the supporting factors include: The existence of support from parents, the motivation of the teacher, and the existence of adequate facilities. slow.
Keywords: Teacher Effort, Reading Difficulty, TPQ al-Ikhwan
Abstrak: Penelitian yang berjudul Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Murid Dalam Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al-Ikhwan Kebun Cengkeh Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, dan penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya guru mengatasi kesulitan murid dalam membaca al-Qur’an di TPQ al-Ikhwan Kebun Cengkeh adalah, 1 dengan melaksanakan pembiasaan tadarus, 2 dengan mencurahkan perhatian kepada murid, 3 dengan memberikan motivasi kepada murid Kemudian Faktor pendukung dan penghambat murid di TPQ al-Ikhwan Kebun Cengkeh, faktor pendukung antara lain: Adanya dukungan dari orangtua, adanya motivasi dari guru, dan adanya fasilitas yang memadai, Kemudian faktor penghambat antara lain: Rasa malas yang tertanam dalam murid itu sendiri, dan daya ingat murid yang sangat lambat.
Kata kunci: Upaya Guru, Kesulitan Membaca, TPQ al-Ikhwan
Referensi
AS, Sirojuddin. Tuntutan Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil. Bandung: Mizan, 2005.
Al-Maliki, Alwi ibnu Muhammad Sayyid. Al-Itqon Fi Ulumi Quran. Jakarta: Gema Insani, 2004.
Ariaf, Armai. Pangantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta Ciputat Pers, 2002.
Ats-Tsunawawi, Fand Muhammad. 10 Metode Agar Anak Mencintai Al-Qur’an. terj,. Dwi Ratnasari. Yogyakarta: Al-Ajda Pres, 2009.
Djalaluddin. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Ma’arif 1989.
Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, 2010.
Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Majid Abdul, Khon. PraktikumQira’at: Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dari Hafash. Jakarta: Amzah, 2011.
Mirza, Iskandar. Sehat dengan Al-Qur’an. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2010.
Moeloeng J. Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Mirza, Iskandar. Sehat dengan Al-Qur’an, Bandung: Grafindo Media Pratama,2014.
Munir, Misbahul M. Ilmu dan Seni Qira’ati Qur’an. Semarang: Binawa, 2005.
Mursidin, Profesionalisme Guru Menurut Al-Qur’an, Hadist dan Ahli Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit sedaun Anggota IKAPI, 2001.
Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Novan, dkk. Ilmu Pendidikan Islam Rancangan Bangun Konsep Monokotomik-Holistik. Jakarta: AR-Ruzz Media, 2016
Nour, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Norkuba, Khalid. Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Rahim, Frida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 3001
Rahman, Afzalur. Al-Qur’an sumber Ilmu. Jakarta: Bina Aksara, 1989.
Purwanto, Ngalim, M. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha ilmu, 2006.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rinekacipta, 3003.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang memepengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sopiatin, dkk. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam, Bogor. Graha Indonesia, 2011.
Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Suryani, Ema Yulianda. Kesulitan Belajar, Magista, 2010.
Syukur, Amir. Pengantar Studi Islam, Semarang: Pustaka nuun, 2010.
Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offeset, 2010.