UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN MURID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-IKHWAN KEBUN CENGKEH DESA BATU MERAH KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON

Penulis

  • Anisa Buton IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v3i2.2587

Kata Kunci:

Teacher Effort, Reading Difficulty, TPQ al-Ikhwan

Abstrak

Abstract: The research entitled Teachers' Efforts to Overcome Student Difficulties in Reading the Qur'an at TPQ Al-Ikhwan Clove Gardens, Batu Merah Village, Sirimau District, Ambon City. The type of research used in this research is descriptive qualitative. In collecting data the author uses the method of observation, interviews, and documentation. Meanwhile, data analysis uses data reduction, and data presentation, and draws conclusions. The results showed that the teacher's efforts to overcome students' difficulties in reading the Qur'an at TPQ al-Ikhwan Kebun Cloves were, 1 by carrying out tadarus habituation, 2 by paying attention to students, 3 by motivating students. Then the supporting and inhibiting factors of students At TPQ al-Ikhwan Kebun Cloves, the supporting factors include: The existence of support from parents, the motivation of the teacher, and the existence of adequate facilities. slow.

 

Keywords: Teacher Effort, Reading Difficulty, TPQ al-Ikhwan

 

Abstrak: Penelitian yang berjudul Upaya  Guru  Mengatasi  Kesulitan  Murid  Dalam  Membaca  Al-Qur’an  Di  TPQ  Al-Ikhwan  Kebun  Cengkeh  Desa  Batu  Merah  Kecamatan  Sirimau  Kota  Ambon. Jenis penelitian yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif. Dalam  pengumpulan  data  penulis  menggunakan  metode  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Sedangkan  analisis  data  menggunakan reduksi  data,  dan  penyajian  data,  dan  menarik  kesimpulan. Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  Upaya  guru  mengatasi  kesulitan  murid  dalam  membaca  al-Qur’an  di  TPQ  al-Ikhwan  Kebun  Cengkeh  adalah, 1 dengan  melaksanakan  pembiasaan  tadarus,  2  dengan  mencurahkan  perhatian  kepada  murid,   3 dengan  memberikan  motivasi  kepada   murid  Kemudian  Faktor  pendukung  dan  penghambat  murid  di  TPQ  al-Ikhwan  Kebun  Cengkeh,  faktor  pendukung  antara  lain:  Adanya  dukungan  dari  orangtua,  adanya  motivasi  dari  guru,  dan  adanya  fasilitas  yang  memadai,  Kemudian  faktor  penghambat  antara  lain:  Rasa  malas  yang  tertanam  dalam  murid  itu  sendiri, dan  daya  ingat  murid  yang  sangat  lambat.

 

Kata kunci: Upaya  Guru,  Kesulitan  Membaca,  TPQ  al-Ikhwan

Referensi

AS, Sirojuddin. Tuntutan Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil. Bandung: Mizan, 2005.

Al-Maliki, Alwi ibnu Muhammad Sayyid. Al-Itqon Fi Ulumi Quran. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Ariaf, Armai. Pangantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta Ciputat Pers, 2002.

Ats-Tsunawawi, Fand Muhammad. 10 Metode Agar Anak Mencintai Al-Qur’an. terj,. Dwi Ratnasari. Yogyakarta: Al-Ajda Pres, 2009.

Djalaluddin. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Ma’arif 1989.

Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, 2010.

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Majid Abdul, Khon. PraktikumQira’at: Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dari Hafash. Jakarta: Amzah, 2011.

Mirza, Iskandar. Sehat dengan Al-Qur’an. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2010.

Moeloeng J. Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mirza, Iskandar. Sehat dengan Al-Qur’an, Bandung: Grafindo Media Pratama,2014.

Munir, Misbahul M. Ilmu dan Seni Qira’ati Qur’an. Semarang: Binawa, 2005.

Mursidin, Profesionalisme Guru Menurut Al-Qur’an, Hadist dan Ahli Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit sedaun Anggota IKAPI, 2001.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Novan, dkk. Ilmu Pendidikan Islam Rancangan Bangun Konsep Monokotomik-Holistik. Jakarta: AR-Ruzz Media, 2016

Nour, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Norkuba, Khalid. Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Rahim, Frida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 3001

Rahman, Afzalur. Al-Qur’an sumber Ilmu. Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Purwanto, Ngalim, M. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha ilmu, 2006.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rinekacipta, 3003.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang memepengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sopiatin, dkk. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam, Bogor. Graha Indonesia, 2011.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Suryani, Ema Yulianda. Kesulitan Belajar, Magista, 2010.

Syukur, Amir. Pengantar Studi Islam, Semarang: Pustaka nuun, 2010.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offeset, 2010.

Diterbitkan

2021-03-09