KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PESERTA DIDIK KELAS V DI MIT AL-ANSHOR AMBON

Authors

  • Nur Indah Sari IAIN Ambon

Abstract

Pada studi ini, peserta didik Kelas V MIT Al-Anshor Ambon akan dinilai kemampuan literasi numerasi selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan tersebut. Desain sampel berpasangan pretest-posttest kuantitatif satu kelompok digunakan untuk penelitian ini. 28 peserta didik yang terdaftar di Kelas V di MIT Al-Anshor Ambon selama tahun ajaran 2021-2022 menjadi subjek penelitian (16 laki-laki dan 12 perempuan). Cara mengumpulkan data dengan metode berbasis tes dan non-tes (wawancara dan dokumentasi). Pada studi ini, analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t sampel berpasangan) dan analisis N-Gain digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan temuan penelitian, nilai N-gain 0,4 berada pada kategori sedang. Penerapan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik, menurut signifikansi uji paired sample t-test (r < 0.05). Baik faktor internal maupun eksternal mungkin berdampak pada kemampuan literasi numerasi peserta didik selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Minat, motivasi, dan pemahaman peserta didik merupakan faktor internal. Faktor eksternal meliputi jumlah materi yang harus dikuasai peserta didik dan jumlah waktu yang dialokasikan untuk belajar di kelas. Faktor eksternal lainnya adalah orang tua masih belum aktif membantu anak-anak mereka mengerjakan pekerjaan rumah di rumah. Kategori N-gain baru-baru ini menentukan bahwa studi tambahan diperlukan untuk memajukan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Melalui modifikasi program, termasuk prosedur dan dukungan orang tua terhadap anak selama mereka belajar di rumah, serta dampak yang dilakukan dengan sebuah penelitian lanjutan.

References

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerik peserta didik calon guru matematika. Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237-247.

Banawi, A., et al. (2019). Prospective primary school teachers’ conception changes on states of matter and their changes through predict-observe-explain strategy. International Journal of Instruction, 12(3), 359-374.

Creswell, J.W. (2016). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. (Terjemahan Achmad Fawaid). California: Thousand Oaks. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Dantes, N., & Ni Nyoman, L. S., (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v SD kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 269-283.

Ekowati, D. W., dkk. (2019). Literasi numerasi di SD muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.

Fiangga, S., dkk. (2019). Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di kabupaten ponorogo. Journal Anugerah, 1(1), 9-18.

Hendriyanto. (2021). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19. Direktorat Sekolah Dasar.

Hidaya, R., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Attempts to document mathematics: Minimum Skills Assessment (AMS). Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(1), 14.

https://bersamahadapikorona.kemendikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/Kemendikbud RI. 2020. Diakses pada tanggal 06 januari 2022 pukul 10:45 WIT.

https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/07/Penguatan-Pendidikan-Character-jadi-Pintu-Ent-Benahan-Education-National.

Kemendikbud. (2017a). Panduan gerakan literasi numerasi nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017b). Penguatan fitrah pendidikan menjadi pintu gerbang peningkatan pendidikan nasional.

Kompas. (2021). “Hybrid Learning”, solusi kekhawatiran belajar tatap muka awal tahun 2021. Tersedia pada: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/21/183914971/hybrid-learning-solusi-kekhawatiran-belajar-tatap-muka-awal-tahun-2021?page=all. Diakses pada tanggal 5 Januari 2022.

Kudsiyah S.M., Eka N., & Hamida S. L. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemecahan masalah matematika siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan, 110-117

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Meliza, N., dkk. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (tmt) di masa new normal terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400-4406.

Meltzer, D. E., (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible hidden variable: in diagnostic pretest scores. American Association of Physics Teachers, 70(12), 1259-1268.

Nurjanah. M., (2022). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 3 SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87-98.

Perdana, R., & Meidawati S. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran learning cycle 5e berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-202.

Putri L.D., Repi & Fitridavati Suhardi. (2018). Memberdayakan mahasiswa teknik dengan program kreativitas mahasiswa (scp). Dinamis: Jurnal Pekerjaan Umum, 2(2), 315-321. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1184

Rahman, Bagus Ali., dkk. (2021). Tingkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan Paket Kurikulum Sarjana 2. DINAMIKA: Jurnal Pekerjaan Umum, 5(6), 1535-1541

Rahmawati, A. (2021). Analisis kemampuan literasi numerasi pada peserta didik kelas 5 sekolah dasar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-nilai Islami), 4(1), 59-65.

Rohim, D. C., Septiana, R., & Inggrid, D. G., (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Septianingsih, M., (2021). Pembelajaran langsung pada ptmt meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas ix-4 SMPN 1 pasir penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8407-8415.

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Corona virus disease 2019: the perspective opinion from pre-service elementary education teacher. Education, Sustainability & Society, 3(2), 33–36.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, U. (2021). Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IDEAS: Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 57-62.

Tina. S. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Wahyuningsih, S. (2021). Modul literasi numerasi di sekolah dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Weilin, Han, dkk. (2017). Materi pendukung gerakan literasi.

Yuni, Sartika. (2021). Faktor pendukung prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di min 2 model palembang. Tesis. UIN Raden Fatah Palembang.

Yunus, A., dkk. (2017). Pembelajaran literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus, M., dkk. (2022). Pengaruh pembelajaran daring terhadap literasi numerasi. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1(4), 271-279.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-21