PENGEMBANGAN MEDIA POP – UP BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV MIN 2 AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pop-up book pada puisi dan respon siswa terhadap media pada pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Ambon. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam adalah lembar validasi dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi dan penyebaran angket. Data validasi dan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Persentase hasil validasi yang diperoleh dari validator I yaitu 73,21% dan dari validator II yaitu 90,00% serta rata-rata skor yang diperoleh dari kedua validator media pop up book yaitu 81,5% dengan kriteria sangat layak, maka media pop-up book dikategorikan layak digunakan pada materi puisi. Hasil respon siswa terhadap penggunaan media pop-up book adalah 0% siswa merespon sangat tidak setuju, 4% siswa memberi tanggapan tidak setuju, 9% siswa memberi tanggapan setuju, 192% siswa memberi tanggapan sangat setuju, dapat dikatakan bahwa tanggapan siswa yang telah mempelajari materi puisi 93% sangat setuju terhadap media pop – up book dalam proses pembelajaran.References
Trimanda Adellina " Pengembangan Medi Pembelajaran Pop-Up Book Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Di SMP Negeri 1 Palang Kabupaten Tuban", ( Skripsi tidak diterbitkan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2021)
Prastya Agus, “ Strategi Pemilihan Media Pembelajaran bagi Seorang Guru”, Prosiding Temuan Ilmiah Nasional Guru ( Ting ) VIII ( Surabaya : UT Surabaya, 2016).
Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, ( Jakarta: Grafindo Persada.
Andung, Maria Rikaria ( 2017 ).’’Pengembangan Media Pembelajaran Konvesional pop
– up book Materi Pokok Daur Hidup untuk Siswa kelas IV SD Kalasan 1.”skripsi.Yogyakarta : FKIP Universitas Sanata Drama.
Annisarti dan Elva Rahmah. (2016). “Model pop-up book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol.5 No.1: 12
Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta Departemen Agama RI, Al – Qur’an dan Terjemahannya, ( Bandung : CV Penerbit Diponegoro, 2010).
Rahayau Desi, " Pengembnagan Pop – Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom di SMA Inshafuddin Aceh", ( Skripsi tidak diterbitkan, Pendidikan kimia 2020)
Ramadayanti Suci Desy, " Pengembangan Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Peristiwa Alam Kelas 1 di SD Wanagiri", ( Skripsi tidak diterbitkan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2022)
Rahmawati Diyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Siswa SDLB Tunarungu Kelas IV”, skripsi, , Yogyakarta: FKIP Unversitas Negeri Yogyakarta, 2017, h.66
Domitila, Ressi. (2017). “Kelayakan pop-up book Keragaman Jamur di Hutan Lindung Guning Naning pada Materi Keanekaragaman Hayati”. Artikel Penelitian Pendidikan Biologi. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.
Dula, Stefani Nadya G. (2017) “Pengembangan Media pop-up book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk Siswa Kelas III SDN Mangunsari Semarang”. Skripsi. Semarang: FIP UNNES.
Masturah Diah Elisa, Luh Putu Putrini Mahadewi, Alexander Hamonangan Simamora, "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA kelas III sekolah Dasar", (Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Jurnal EDUTECH, Volume 6, Nomor: 22 Tahun 2028)
Mulyaningsih Endang, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2014)
Erica, Sukmawati,l " Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD", (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Journal Ability : : Journal of Education and Social AnalysisVolume 2, Issue 4, Oktober 2021)
Khoiriyah Evi, Eka Yuliana Sari, " Pengembangan Media Pembeljaran Pop – Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulangangung Tahun ajaran 2017/2018", ( Program Studi Pendidikan Guru SD, STKIP PGRI Tulungagung, Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2, Nomor :2 Bulan Juni 2018)
Falahudin, Iwan. (2014). “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Jannah Firaihanil,” Firaihanil Jannah,” Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi
Larutan elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Tapak Tuan”, skripsi, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar - Raniry,2018
Jannah Firaihanil,” Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Larutan Elektrolit dan Elektrolit di SMA Negeri 1 Tapak Tuan”, skripsi, Banda Aceh : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar – Raniry, 2018, h.6.
Darmadi Hamid, Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, (Bandung: Alfabeta, 2014) Dewanti Handaruni, Anselmus J E Toenlioe, Yerry Soepriyanto, "Pengembangan Media
POP -UP book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Ponorogo", ( Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor : 3 Bulan September 2018)
Hisbiyatul Hasanah dan Sumiharsono Rudy, “Media Pembelajaran”, (Jember: Pustaka Abadi, 2017)
Rahmadhani Herlambang, Metodologi Penelitian Pendidikan Teori dan Implementasi,
(Yogyakarta: Depublish, 2019).
Falahudin Iwan, “ Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar Widyaiswara, Vo; 1, No 4, 2014
Pramesti Jatu,” Penggunaan Media Pop – Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD”,
Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, Vol 2, Nor 1,2015.
Kurniawati dan Sartinah, “ Pengaruh Metode Bercakap – Cakap Berbasis Media Pop – Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A”, Jurnal PAUD Teratai, 2016, Vol 5, No 3
Safri Meilia, dkk,” Pengembangan Media Pop – up Book Pada Materi Minyak Bumi”,Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol 05, No 1, 2017
Sholeh Muhammad, Pengembangan “Media pop-up book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman budaya Bangsaku Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar”, Skripsi, (Jambi: Universitas Jambi, 2017)
Usman Novia, “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Al-Quran pada Materi Koloid di SMAN 12 Banda Aceh, Skripsi, (Banda Aceh: FTK UIN Ar- Raniry, 2017)
Sylvia Indah Nur dan Hariani Sri, “Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulisi Narasi Siswa Sekolah Dasar” journal PGSD.
Nursalam dan Mirna Wa “Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Responsif Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Metode Media Lagu” Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 11, No. 1, (June 2022) :1
Nurwahidah, Siti. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Suhu Dan Perubahannya”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Pramesti, Jatu. (2015). “Pengembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD”. Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Vol.2 No.1
Prastya, Agus. (2016). “Strategi Pemilihan Media Pembelajaran bagi Seorang Guru Prosiding Temuan Ilmiah Nasional Guru (Ting) VII’’I. Surabaya: UT Surabaya.
Fathurroman Pupuh dan M Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, ( Bandung: Refika Aditam, 2010), h. 65
Ningsih Rahayu Putri, " Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Pada Mata Pelajaran Tematik kelas IV SD/MI", (Skripsi) tidak diterbitkan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2020
Rafiqah, Pengembangan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme, (Makasar: Alauddin university Press, 2013)
Safitri, Nia Norma. (2014). "Pengembangan Media Pop-up Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tuarunggu Kelas IV”. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol.4 No.1
Safri, Meilia. (2017). “Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia”. Vol.5 No.1: 107- 108.
Saifuddin, “Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis”, (Yogyakarta: Depublish, 2012)
Nabila Shella, Idul Adha, Riduan Febriandi, "Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar", ( STKIP- PGRI Lubuklinggau, Indonesia, JURNAL BASICEDU, Volume 5 Nomor : 5 Tahun 2021 )
Sholeh, Muhammad. (2017). “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.
Simatupang, Helda Arina. (2016). “Pengembangan Media Pop-Uppada Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pserta Didik SMP Kelas VII”. Artikel Penelitian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryati Sri, “Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan”, Jurnal Research and Development, 2012, Vol.37, No.1, h.13.
Nadya G Stefani. DUla,” Pengembangan Media Pop – Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk Siswa Kelas III SDN Mangunsari Semarang” skripsi, ( Semarang : FIP UNNES, 2017)
Susanto, Ahmad. (2014). “Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”. Jakarta: Prenadamedia Group