IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG

Authors

  • Ahmad Lutfi Haqi IAIN Kudus
  • Ahmad Fikri Haikal IAIN Kudus
  • Mualamatul Musawamah IAIN Kudus
  • Shoimmatun Nikmah IAIN Kudus
  • Lin Walidiya IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v5i2.1752

Abstract

Abstract: This journal discusses the implementation of Islamic education at the Elementary School level at the Indonesian School in The Hague. The background of this journal is the importance of Islamic Religious Education for elementary level students. This journal is intended to answer the problems of Islamic Education learning, the implementation of Islamic Education learning at SIDH. Data obtained by means of interviews or explanations of sources from SIDH online. The implementation of Islamic Education at Elementary School level at SIDH aims to improve the morals of students from an early age so that they become Muslim beings who can understand and practice the teachings of Islam in everyday life.. Keywords: SD (Elementari School), Islamic Education learning, learning implementation. Abstrak: Jurnal ini membahas tentang implementasi pendidikan Agama Islam jenjang SD di Sekolah Indonesia Den Haag. Latar belakang jurnal ini adalah pentingnya Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik jenjang SD. Jurnal ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan pembelajaran PAI, implementasi pembelajaran PAI di SIDH. Data diperoleh dengan cara wawancara atau penjelasan narasumber dari SIDH secara daring. Implementasi Pendidikan Agama Islam jenjang SD di SIDH bertujuan memperbaiki akhlak peserta didik sejak dini agar mereka menjadi insan muslim yang dapat memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Keywords: SD (Sekolah Dasar), pembelajaran PAI, implementasi pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

. Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, (Surabaya: Mahkota, 1989).

. Departemen Pendidikan Nasional RI, Panduan Penyusunan Silabus, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006).

. DEPDIKNAS, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Agama Islam SMP MTS, (Jakarta: Pusat Kurikulum, 2003).

. Dewi Wahyu Aji Fatma, Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1 April (2020).

. Hanafiah, Nanang. Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. (Bandung: Refika Aditama, 2010).

. Latifatul, M.Muzamirah. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. (Surabaya: Kata Pena, Cet. 1, 2013).

. Mufarokah Annisatul, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras, 2009).

. Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Rosdakarya, 2002), cet. II.

. Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI, (Jakarta: Misaka Galiza, 2003), cet. III.

. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

. Rejeki MC Ninik Sri, Perbedaan Budaya dan Adaptasi Antarbudaya dalam Relasi Kemitraan Inti-Plasma, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 4, No. 2, Desember (2007).

. Sagala Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2003).

. Subakti Ganjar Eka. Implementasi Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu (Studi Deskriptif pada SD Plus Islam Terpadu Bhaskara Sukamelang-Subang Tahun 2010-2011). Jurnal Tarbawi, Vol. 1, No. 1 (2012).

. Sudijono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 20,km06).

Downloads

Published

2020-12-28