TELAAH MODEL DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN KHOIRU UMMAH WAITILA MALUKU TENGAH

Authors

  • Elfridawati Mai Dhuhani IAIN Ambon
  • Dewi Nofrita IAIN Fatahul Mulk Papua
  • Wahyu Khoirul Mustofa IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v5i2.1753

Abstract

Abstract The most prominent characteristic that distinguishes pesantren from other educational institutions is the twenty-four-hour education system, by conditioning the students in a dormitory location that is divided into rooms or rooms, making it easier to apply them. One of them Pondok Pesantren Khoiru Ummah Waitila Maluku Tengah. Pondok pesantren many achievements in the field of religion as in Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) and so on. The achievements achieved by pondok pesantren are inseparable from the model and use of learning media pondok pesantren. This research uses qualitative research method there are three data collection techniques used in this research, in-depth interviews, participatory observation and documentation studies. For data analysis is carried out in three stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study showed that the Pondok Pesantren Khoiru Ummah combining between Pesantren Salaf and Moderen. Pesantren salaf is a boarding school that always maintains the tradition of teaching classical books in the process of education in pesantren. While pondok pesantren modern is pondok pesantren conducting education through formal pathways such as madrasahs or schools developed by. Then the use of learning media is done by using a number of learning applications such as through google class room, e-learning, watshaap group, telegram and so on. Keywords; Model Review, Media Usage, Pondok Pesantren Abstrak Ciri khas paling menonjol yang membedakan pesantren dengan lembaga pendidikan lainnya adalah sistem pendidikan dua puluh empat jam, dengan mengkondisikan para santri dalam satu lokasi asrama yang dibagi dalam bilik-bilik atau kamar-kamar sehingga mempermudah mengaplikasikannya sistem pendidikan yang total. Salah satunya pondok pesantren Khoiru Ummah Waitila Maluku Tengah. Pondok pesantren ini banyak meraih prestasi dalam bidang keagamaan seperti pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) dan sebagainya. Adapun prestasi yang dicapai pondok pesantren ini tidak terlepas dari model dan penggunaan media pembelajaran pondok pesantren ini sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara yang mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukan model Pondok Pesantren Khoiru Ummah memadukan antara Pesantren Salaf dan Moderen. Pesantren salaf adalah pondok pesantren yang selalu mempertahankan tradisi pengajaran kitab-kitab klasik dalam proses pendidikannya di pesantren. Sedangkan pondok pesantren moderen adalah pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan melalui jalur formal seperti madrasah atau sekolah yang dikembangkan. Kemudian penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan cara menggunakan sejumlah aplikasi pembelajaran seperti melalui google class room, e-learning, whatApp group dan sebagainya. Kata Kunci; Telaah Model, Penggunaan Media, Pondok Pesantren

References

DAFTAR PUSTAKA

A Dkk, Rofiq. Pemberdayaan Pesantren; Menuju Kemandirian dan Profesionalisme dengan Metode Daurah Kebudayaan, Yogyakarta: LkiS, 2005

Bahri Ghozali M., Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Prasasti, 2002.

Dhuhani, Elfridawati Mai, Manajemen Pondok Pesantren Pengelolaan Santri Muallaf di Pondok Pesantren Al Anshor Ambon, Ambon : LP2M IAIN Ambon, 2018.

https://kbbi.kemdikbud.go.id

Iqbal Iskandar, M. Entis Sutisna, Lina Novita, “Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan,” Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04.April (2020), 26–29 <http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal>.

Kompri, Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Maimunah, “Metode Penggunaan Media Pembelajaran,” Al-Afkar, (volume .1 Tahun 2016), hlm. 1–24 <https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-108X(199703)21:2<137::AID-EAT4>3.0.CO;2-M>.

Munir, Pembelajaran Digital, Bandung: Alfabeta, 2017.

Octavia Dkk, Lanny. Kumpulan Bahan Ajar; Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab, 2014.

Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0,” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.1 No.2 Juli 2018, 1.2, 2018.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer; Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2018.

Widiasworo, Erwin. Guru Ideal di Era Digital, Yogyakarta: Noktah, 2019.

Downloads

Published

2020-12-28