RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM MENJAWAB SOAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Authors

  • Ahdar Ahdar IAIN PAREPARE
  • Musyarif Musyarif IAIN Pare Pare
  • Tasman Ramadhan IAIN Pare Pare

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2619

Keywords:

aplikasi kahoot, respons peserta didik, sejarah kebudayaan islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang respons peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Kahoot dalam menjawab soal  pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain The Statistik Group Comparison Design. Sampel penelitian menggunakan sampling jenuh, sample yakni kelas XI MIA 1 sebanyak 36 Siswa dan XI MIA 2 sebanyak 30 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisi datanya menggunakan teknik statistis desktriptif dan inferensial dengan  menggunakan bantuan software SPSS versi 2.4. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa respons peserta didik menjawab soal menggunakan aplikasi Kahoot yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian soal secara konvensional. Dari perbedaan angka tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kahoot lebih efektif digunakan untuk menjawab soal dibandingkan dengan tes konvensional.

References

Beetlestone, F. (2011). Creative Learning. Nusa Media.

Dahar, Fr. W. (2012). Teori-teori belajar dan pembelajaran (2nd ed.). Erlangga.

Fathurrohman, P., & Sobari, M. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Refika Aditama.

Iwamoto, Darren H, et. al. (2017). Analyzing The Efficacy Of The Testing Effect Using Kahoot On Student Performance. Jurnal Turkish Online Of Distance Education, 82.

Muhajir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Kontekstual. Ar Ruzz Media.

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vox Edukasi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat, 9(1), 23.

Prayitno. (2019). Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Gramedia.

Syaripuddin, T. (2012). Landasan Pendidikan Islam. Dirjen Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2022-07-09