EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI AMBON

Authors

  • St Jumaeda IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3040

Abstract

 

Abstract: This study aims to determine the implementation of PAI learning programs (al-Qur'an hadith, akidah ahlak, fikhi and SKI) using the evaluation of the stake countanance model program. The evaluation research includes three components, namely the components antecedent, transaction, and outcomes Thisresearch is a qualitative research using the countanance evaluation model. Data collection is carried out by interviews, observations and documentation. Data analysis is carried out through three lines of activities that occur simultaneously, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. The results showed that the PAI learning program had been implemented well. Based on the 7 aspects of evaluation contained in the antecendent component (curriculum, human resources, facilities and infrastructure) transaction (learning planning, implementation of learning and learning assessment) and outcomes (absorption of graduates in the world of work and universities) in general have gone well, but it is necessary to improve aspects of learning implementation on indicators of learning methods and the use of media learning.

Keywords: Evaluation, PAI Learning, Stake

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran PAI (al-Qur’an hadits, akidah ahlak, fikhi dan SKI) dengan menggunakan evaluasi program model stake countanance. Penelitian evaluasi meliputi tiga komponen yaitu komponen antecedent, transaction, dan outcomes. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi countanance. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa program pembelajaran PAI telah dilaksanakan dengan baik. Berdasarkan dari 7 aspek evaluasi yang terdapat dalam komponen antecendent (Kurikulum, SDM, sarana dan prasarana) transaction (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran) dan outcomes (keterserapan lulusan di dunia kerja dan perguruan tinggi) secara umum telah berjalan dengan baik, namun perlu peningkatan pada aspek pelaksanaan pembelajaran pada indikator metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran.

Kata kunci: Evaluasi, Pembelajaran PAI, Stake

References

Ariadi Iskandar. 2011. “Evaluasi Program Madrasah Aliyah Keterampilan Di MAN Purwokerto 2 Kabupaten Banyumas.”

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. 2019. “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1): 159–81.

Huberman, Matthew B. Miles dan A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi.

John W. Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan, Terjemahan Diana Angelica.

Jumaeda, St. 2018a. “Implementasi Standar Penilaian Dalam Pembelajaran PAI Pada Kurikulum 2013.” St. Jumaeda 3(1): 53–63.

———. 2020. “Evaluasi Pelaksanaan Classroom Assesment.” 5(2): 66–79.

Jumaeda, St. 2018b. “Evaluation Implementation of Curriculum Unit Level of Education for Arabic Lenguage Learning in Mts Ddi Seppange.” al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2): 90.

Jumaeda, St, and Saddam Husein. 2021. “Evaluation Of Teacher Working Group Program ( KKG ) of Islamic Religious Education in Masohi Maluku Tengah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(01): 467–78.

Lenggogeni, Lenggogeni. 2020. “Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Program Studi D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.” Jurnal PenSil 9(2): 61–67.

Lukum, Astin. 2015. “Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 19(1): 25–37.

Nursetianti, Yuni, Sri Setyaningsih, and Farida Wulandari. 2022. “Evaluasi Program Peningkatan Profesionalisme Guru Geografi.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10(01): 24–29.

Patton, Michael Quinn. 1990. Qualitative Evaluation and Research Methode. london.

Permen Diknas no 41 tahun 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menegah.

Profil MAN Ambon. Profil MAN Ambon.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2010. Inovasi Pendidikan.Jakarta.

Saifulloh, Ahmad, and Imam Safi’i. 2017. “Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus Di SMPN 2 Ponorogo).” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1(1).

Sundoyo, Harto, Totok Sumaryanto Florentinus, and Dwijanto. 2012. “Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda Berdasarkan Stake Countenance Model.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 1(2): 69–73. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/830.

Undang-undang RI Nomor 20 tanun 2003. 2003. “No Title.” In Sistem Pendididikan Nasional,.

Downloads

Published

2022-07-09