Implementation of Islamic Educational Values in the Nussa & Rara Animation Film as an Alternative Media for PAI Learning at SMP Istiqlal Delitua Medan

Authors

  • Sarah Dina UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Hafizh
  • Widia Astuti Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33477/alt.v8i1.4683

Keywords:

Values, Nussa and Rara, Islamic Education, Students

Abstract

Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam sangat perlu ditumbuhkan pada anak didik sejak dini, karena pada saat itu merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak dalam bentuk pembiasaan setiap hari. Kehadiran konsep pendidikan Islam bagi peserta didik harus bersifat kontekstual yaitu dengan memberikan nilai-nilai pendidikan yang dikemas semenarik mungkin agar peserta didik senang belajar. Salah satu media yang tepat untuk diterapkan dalam membentuk siswa berakhlak adalah film animasi Nusaa dan Rara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Islami apa saja yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara serta strategi apa saja yang dilakukan oleh guru PAI SMP Istiqlal dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media film animasi Nussa dan Rara. Lebih-lebih lagi, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif desain analisis isi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tiga bagian yaitu pertama observasi, kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan terakhir dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data terlebih dahulu, kemudian verifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil; Pertama, dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat tiga nilai pendidikan Islam yang meliputi, 1) pendidikan iman, 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan terakhir dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data terlebih dahulu, kemudian verifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil; Pertama, dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat tiga nilai pendidikan Islam yang meliputi, 1) pendidikan iman, 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan terakhir dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data terlebih dahulu, kemudian verifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil; Pertama, dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat tiga nilai pendidikan Islam yang meliputi, 1) pendidikan iman, 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan.

References

Abdi Azis, Sufirman Rahman, M. A. (2022). Studi Kriminologi Kejahatan Seksual Terhadap Anak Di Kabupaten Gowa. Journal of Lex Generalis (JLS), 3(3), 404–417.

Aini, N., Islam, K. P., Islam, F. A., & Chaldun, U. I. (2023). Pesan Dakwah dalam Film Animasi Nussa dan Rara Episode 1-5 ( Analisis Semiotika Roland Barthes ). 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54259/mukasi.v2i1.1314

Ali Nurhad. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI BERBASIS PEMBIASAAN DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 1 GALIS PAMEKASAN. Al-Afkar,JournalforIslamicStudies, 3(1).

Amin Kuneifi Elfachmi. (2016). Pengantar Pendidikan. Gelora Aksara Pratama.

Elviyanti Siregar. (2020). Analisis Faktor Perilaku Seksual Remaja di Kota Medan. Kajian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 105.

Herminingsih, Nurdin, & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79–84. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1040

Ifit Novita Sari, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, S. M. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.

Khairul Auliyah. (2022). INOVASI METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI ACTIVE LEARNING. Edupedia: Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1).

Mei, N., & Sari, N. I. (2023). Film Animasi Sosial dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD Inpres Borisallo Kabupaten Gowa. 1(2).

Miftahul Jannah. (2020). Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus di MIS Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum dan TPA Az-Zahra Desa Papuyuan. Jurnal Al-Madrasah, 3(2).

Prihatmojo. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Riset Pedagogik, 4(1), 147.

Sarkawi, S. (2022). Nilai-Nilai Dakwah dalam Ibadah Kurban. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(01), 1–15. https://doi.org/10.32939/islamika.v22i01.1062

Sayekti, A. N., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius Dan Toleransi Dalam Film Animasi “Nusa Dan Rara.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Telussa, S. I., Kartun, F., & Belakang, A. L. (2022).

Jurnal+04+Ibu+Sandra+volume+16+no+1+mei+2022. 1, 46–55.

Zanjabila, A., & Rahmawati, L. E. (2022). Ketersediaan Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Gondangrejo. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 201–211. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i3.1520

Zubaedi. (2015). Desai Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-06-09