PERAN ETIKA GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Khairatunnisa Khairatunnisa Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5251

Abstract

Guru tidak hanya sebagai pengajar tetapi sekaligus sebagai pendidik. Dalam hal pendidikan guru diharuskan bisa menanamkan karakter yang baik terhadap peserta didik. Pada saat ini banyak sekali kasus penyimpangan karakter peserta didik yang menyimpang sehingga tidak bisa dikatakan sebagai peserta didik. Permasalahan ini sangat membutuhkan peranan guru khususnya guru biologi, apabila etika peserta didik sudah rusak maka bisa dipastikan peserta didik tersebut bisa melakukan penyimpangan terhadap alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Etika Guru Biologi Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur artikel yang terkait. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara etika guru biologi dalam meningkatkan karakter peserta didik.

References

Abdullah, I & Safarina, Hd. (2015). Etika Pendidikan: Keluarga. Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abidin, N.A., Mosiba, R., & Rusmin, R. (2020). IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MAN 1 SOPPENG. Jurnal Alauddin, XI (1), 150-164.

Ahmadi, Rulam. (2018). Profesi Keguruan Konsep dan Strategi Mengembangkan Profesi dan Karier Guru. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Akib. (2021). BEBERAPA PANDANGAN TENTANG GURU SEBAGAI PENDIDIK. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam. 19 (1), 75-98.

Alamsyah, Rustina, & Pettalongi, S.S. (2023). Pengaruh Kode Etik dan Kompetensi Terhadap Perilaku Kerja Guru Di Mts Negeri Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan(JIMPE), 2(1), 11-19.

Alim, A. N. (2017). Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Khazanah Akademia, 01(01), 59-70.

Alisa, R.S & Zubaidah. N. (2022). ETIKA GURU DALAM MENGAJAR SEBAGAI PERWUJUDAN KARAKTER BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 4 (1), 1125-1138.

Aminullah & Rahmatullah. (2018). UPAYA GURU DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL SISWA. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies. 3 (1), 126-145.

Annisa, N., Elfariana, R., Triwulan, S. A., Melinia, T., Zulkardi, Z., & Sari, N. (2021). Etika Dan Profesi Dalam Membentuk Karakter Dan Kepribadian Mahasiswa Calon Guru Matematika. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 27-37. Https://Doi.Org/10.36706/Jls.V3i2.14282.

Arif, A. M., Nurdin, N., & Elya, E. (2023). Character Education Management at Islamic Grassroot Education: The Integration of Local Social and Wisdom Values. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 435-450.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.

Assidiqi, Hasbi. (2015). MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1). 45-55.

Az-Zahra & Gumiandari. (2021). Pengaruh Kepribadian dan Perilaku Etis Guru pada Integritas Guru SMPT Riyadul Mubarok Dalam Mengajar. Jurnal Profesi Keguruan. 7 (2), 241-247.

Bahar, Herwina. (2016). Etika & Profesi Kependidikan. Tangerang Selatan: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Christy, T., Soegiono, L., & Hapsari, A. N. S. (2019). Sikap Etis Mahasiswa: Pengaruh Kecerdasan Parsial Dan Simultan. Perspektif Akuntansi, 2(1), 53-70. Https://Doi.Org/10.24246/Persi.V2i1.P53-70.

Dalimunthe, I. F. (2018). ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH TERHADAP KITÂB AL-’ILM KARYA MUHAMMAD SALIH AL-’USAIMIN). Studi Multidisipliner, 5 (2), 93-110.

Darmayanti, A & Yenti, R. F. (2023). Peran Kode Etik Guru sebagai Landasan Berprilaku dalam Pengembangan Pendidikan. Journal on Education, 05 (02), 2908-2913.

Hermawansyah. (2019). ETIKA GURU SEBAGAI PENDIDIKAN YANG MENDASAR BAGI SISWA. Jurnal Fitrah, 10 (2), 19-35.

Jelita, Rida. (2022). Produksi Eco-Enzyme dengan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Menjaga Kesehatan Masyarakat di Era New Normal. Jurnal Maitreyawira, 3 (1), 28-35.

Khayati, N. & Sarjana, S. (2016). PENGARUH ETIKA, PERILAKU, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP INTEGRITAS GURU. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3), 379-393.

Koesoema. A.D, (2007). Pendidikan Karakter (Strategi mendidik anak di zaman global). Jakarta : Grasindo.

Kuswandi & Masitoh. (2021). ETIKA PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (Studi Analisis Terhadap Kitab Akhlak Lil Banin KaryaSyeikh Umar Bin Ahmad Baradja). AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 01 (02), 82-94.

Lufri, Ardi, Yogica. R. Muttaqien. A. & Fitri, R. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN. Purwokerto : CV. IRDH.

Mansur, Rahman, A., Payuhi, F., Purnamawaty, R., Asnidar, & Paputungan, R. (2022). Etika Komunikasi Guru dan Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kolaboratif Sains, 05, (06), 365-373.

Muharani, A., Agrisa, F., Nurhalita, N., Salwadilla, T., Zulkardi., & Sari, N. (2022). Implementasi Etika Profesi dalam Kehidupan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (3), 5008-5013.

Najmi, Oktavia, R., & Septiani, U. (2021). Eco Enzyme: Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Octavia. (2020). ETIKA PROFESI GURU. Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum" STKIP Andi Matappa Pangkep.

Ruslan. (2016). Etika Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Riwayah, 8 (1), 59–72.

Setiyaningsih, Dewi. (2020). PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 4. (1), 27-36.

Supriyani, Astuti, A.P., & Maharani, E.T.W. (2020). PENGARUH VARIASI GULA TERHADAP PRODUKSI EKOENZIM MENGGUNAKAN LIMBAH BUAH DAN SAYUR. Seminar Nasional Edusainstek ISBN : 2685-5852 FMIPA UNIMUS. Halaman: 470-479.

Wandi & Nurhafizah. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 33-41.

Wandi, Z. N., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 33-41.

Wardan, Khusnul. (2019). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Yasin & Bastian. (2022). MENJADI GURU PROFESIONAL DALAM KONTEK GLOBALISASI. Bandung : CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Zacky. (2016). KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK; REAKTUALISASI DAN PENGEMBANGAN KODE ETIK GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL AMIN PAMEKASAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 (2), 271-292.

Published

2023-07-21

How to Cite

Khairatunnisa, K., & Zulyusri, Z. (2023). PERAN ETIKA GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 2(2), 80–88. https://doi.org/10.33477/al-alam.v2i2.5251