Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru Di Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Maluku
DOI:
https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.3649Abstract
Supervisi merupakan salah satu hal terpenting dalam satuan pendidikan. Karena sangat diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik yang ada di madrasah. Kegiatan supervisi secara langsung membantu pendidik secara teknis maupun memberikan bimbingan, pelatihan hingga motivasi yang bertujuan tenaga pendidik dapat mengaktualisasikan pendidikan yang baik dan efektif sehingga peningkatan prestasi belajar dari peserta didik. Pengabdian kepada masyarakat ini yang berfokus pada Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano bertujuan untuk memberikan muatan terkait pentingya supervisi bagi madrasah, bagi tenaga pendidik dan peserta didik. Metode dalam penelitian ini berupa workshop, pelatihan, observasi dan wawancara singkat. Peserta pada kagiatan adalah kepala madrasah dan tenaga Pendidik Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano.References
Asyari, S., Kementerian, K., & Kabupaten, A. (2020). Supervisi kepala madrasah berbasis penilaian kinerja sebagai upaya peningkatan profesionalitas guru. 2(1).
Ganda, U. K., & Linier, U. R. (2021). KOMITMEN KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALITAS GURU PADA MADRASAH. 2(2), 225–235.
Karimulah, A. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember. 3(1), 13–34.
Pohan, M. M. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Masa Pandemi Covid 19. 4, 195–208.
Prayoga, A. (2020). Ari Prayoga & Supiana: Supervisi Akademik Kepala Madrasah _______________________________________________________________________________. 6(1), 105–124.
Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Harapan, U. P., Pendidikan, L., & Review, S. L. (2020). MODEL KEPEMIMPINAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN : 1(2), 255–266.