Kepemimpinan Transformasional Supervisi Akademik Kepala Sekolah Guna Peningkatan Kinerja guru di MA Bina Karya Hatawano
DOI:
https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.3894Abstract
Kepala sekolah berfungsi baik sebagai manajer dan pengawas, yang memungkinkan dia memiliki dampak terhadap lingkungan. Sesuai dengan tanggung jawabnya, kepala sekolah memiliki kebijakan yang terperinci untuk membawa perubahan mendasar dalam sikap, pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja. Metode observasi atau pengamatan digunakan dalam analisis penelitian ini. Sekolah MA Bina Karya Hatawano belum sepenuhnya memahami gaya kepemimpinan transformasional, menurut temuan analisis. Oleh karena itu, memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil kinerja guru.
References
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi kepemimpinan transformasional, supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi pedagogic dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157-162
Rahmawati, D. D. K. Peran Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru.
Nurhayati, N., Mesiono, M., & Daulay, N. K. (2022). The Effect of Academic Supervision of School Principle and Teachers’ Performance Satisfaction in Increasing Teachers’ Pedagogicial Competence. Jurnal Basicedu, 6(2), 2138-2150
Saleh, M., & Mutiana, M. (2021). The Role of the Principal in Increasing Teacher Performance Through Periodic Academic Supervision. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1135-1141.