Kepemimpinan Transformasional Supervisi Akademik Kepala Sekolah Guna Peningkatan Kinerja guru di MA Bina Karya Hatawano

Authors

  • Nurhasanah Nurhasanah IAIN Ambon
  • Muhammad Kashai Ramdhani Pelupessy IAIN Ambon
  • Rhaishudin Jafar Rumandan IAIN Ambon
  • Nur Fitri Datumboyo IAIN Ambon
  • Anisa Subhan IAIN Ambon
  • Dandi Iyama IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.3894

Abstract

Kepala sekolah berfungsi baik sebagai manajer dan pengawas, yang memungkinkan dia memiliki dampak terhadap lingkungan. Sesuai dengan tanggung jawabnya, kepala sekolah memiliki kebijakan yang terperinci untuk membawa perubahan mendasar dalam sikap, pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja. Metode observasi atau pengamatan digunakan dalam analisis penelitian ini. Sekolah MA Bina Karya Hatawano belum sepenuhnya memahami gaya kepemimpinan transformasional, menurut temuan analisis. Oleh karena itu, memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil kinerja guru.

References

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi kepemimpinan transformasional, supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi pedagogic dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157-162

Rahmawati, D. D. K. Peran Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru.

Nurhayati, N., Mesiono, M., & Daulay, N. K. (2022). The Effect of Academic Supervision of School Principle and Teachers’ Performance Satisfaction in Increasing Teachers’ Pedagogicial Competence. Jurnal Basicedu, 6(2), 2138-2150

Saleh, M., & Mutiana, M. (2021). The Role of the Principal in Increasing Teacher Performance Through Periodic Academic Supervision. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1135-1141.

Downloads

Published

2023-05-06