DESAIN PRODUK, HARGA DAN GAYA HIDUP HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SEPEDA LISTRIK
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v6i02.8072Kata Kunci:
Product Design, Price, Life Style, Purchase DecisionsAbstrak
This study aims to determine the effect of product design, price and lifestyle on purchasing decisions for electric bicycle users in Madiun City. The research method used is quantitative research. The research location or data collection was carried out on users of electric bicycle products in Madiun City through online media by distributing questionnaires using google form with a sample of 384 respondents. Data was collected through a questionnaire based on a Likert scale of 1-5. The data was analyzed using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS version 27.0 application. The results of this study prove that product design has a positive and significant effect on purchasing decisions, price has a positive and significant effect on purchasing decisions, lifestyle has a positive and significant effect on purchasing decisions.
Referensi
Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 118–138.
Agus Surya Adi P, I. P., Satya Kumara, I. N., & Raka Agung, I. G. A. P. (2022). Status Perkembangan Sepeda Listrik dan Motor Listrik di Indonesia. Jurnal SPEKTRUM, 8(4), 8.
Aini, F., Maulidiyah, R., & Hidayanto, M. F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 14(1), 83-90.
Alladin, D., & Mardian, I. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Listrik di Duta Elektronik Kota Bima. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 182–196
Alshabiyah. (2019). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Sepatu Sneakers Merek Converse). Jurnal Administrasi Bisnis, 70(1).
Arsari, D. T. (2020). Legalitas Penggunaan Sepeda Listrik Sebagai Alat Transportasi Menurut Perspektif Hukum Pengangkutan di Indonesia. Jurist-Diction, 3(3), 903.
Arsita, N. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125-131.
Baihaqi, A. I., Ikaningtyas, M., & Nirawati, L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Honda Beat. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(1), 60–68.
Bambang, T., & Firdiyansyah, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Online di Toko L-in Shop Batam. Jurnal Rekaman, 5(1), 86–94.
Bigazzi, A., & Wong, K. (2020). Electric bicycle mode substitution for driving, public transit, conventional cycling, and walking. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 85.
Chahyanti, D. (2023, Oktober 2023). Membahas Masa Depan Transportasi: Sepeda Listrik dan Dampaknya. Retrieved from timesindonesia.co.id: https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/472669/membahas-masa-depan-transportasi-sepeda-listrik-dan-dampaknya
Chastrena, U., & Sulistiyowati, N. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel BNU Modifikasi di Wonoasri. September.
Diman, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2024). Pengaruh Keragaman Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Anime Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Productivity, 5(1), 832-836.
Falah, F., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(2), 1646-1655.
Fathurrohman, N., & Nababan, B. O. (2021). Pengaruh Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Korek Api Gas Tokai. 3(2).
Febiyati Lannita, & Aqmala Diana. (2022). Pengaruh E-Wom, Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Grab Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jmdb, 1(1), 28–39.
Fitriani, E., & Yuliviona, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Polygon di Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 19(2), 1-2.
Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda di Tangsel. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–10.
Haque, M. G. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 31-38.
Ivan, I. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Tan Authentic. Agora, 7(2).
Kasmad. (2022). Analysis of Purchase Decision Estimates Based on Store Atmosphere and Affordable Prices. Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.37481/jmeb.v2i1.246
Kotler, P. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 2. Prenhalindo. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, K. Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, M. F. H. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sandal Fipper. Diakses dari https://repository.stiesia.ac.id/id/epri nt/3139/2/PENDAHULUAN.pdf
Kurniawan, M. Z. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Blitar. Eco-Entrepreneur, 7(2), 152-164.
Loka, M. M., Sulistiyowati, L. N., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, dan Desain Produk Motor Scoopy Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Dealer Honda Kota Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4, 4(September), 1–15.
Mappedeceng, R. (2021). Influence of Product Quality and Design on The Purchase Decision of Honda CRF Motor Vehicles at PT. Sinar Sentosa (Case Study in Jambi City). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6). https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i6
Muklis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Tipe Mx King (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Yamaha Tipe MX King di Sangatta). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(4), 314.
Ongky Hermawan, J. pratama P., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Nilai Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik di Kota Madiun. Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi I 14 Agustus 2019, 2010, 442–453.
Piyoh, D. D. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1).
Pratiwi, N. E., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Pengguna Sepeda Motor Honda PCX di Kota Madiun). Simba : Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 5(September). www.motorcyclesdata.com
Punarbawa, M. A. V., & Suwena, K. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda PCX pada Masyarakat di Kecamatan Negara. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 109-116.
Rahma, Aulia & Yulianti A. L. (2019). Pengaruh Store Atmospere dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Departement Store. Vol 6, No 3
Rahmadika, N. A. dkk. (2018). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Levis’s (Studi Pada Mahasiswa aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4 (2).
Riyanti, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).
Septianto, A., & Andriyati, Y. (2023). Jurnal E-Bis : Ekonomi Bisnis Pengaruh Harga dan Perbedaan Produk Terhadap Minat Beli Sepeda. E-Bis: Ekonomi Bisnis, 7(2), 576–585.
Supriyatna, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio di Kota Cilegon). Sains Manajemen, 6(1), 36–50.
Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 88–94.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Heny Sidanti, Liliek Nur Sulistiyowati, Ristania Febriola Astutik
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.