KOMPARASI PAIKEM GEMBROT DAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs NEGERI KEBUN CENGKEH AMBON

Authors

  • Halima Bugis Universitas Muhammadiyah Maluku

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v16i2.2794

Keywords:

Komparasi, PAIKEM GEMBROT, Konvensional, Kemampuan Penalaran, Himpunan

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya adalah setiap usaha yang dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan daya insani dengan harapan kelak dapat beradaptasi dengan lingkunganya. Peranan pendidikan sangatlah penting karena perubahan dunia hampir di semua aspek kehidupan manusia berkembang sangat pesat terutama dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menumbuhkan pembelajaran matematika menggunakan PAIKEM GEMBROT. Penelitian PAIKEM GEMBROT dilakukan dengan harapan dapat memotivasi peserta didik dalam belajarnya.  Penelitian ini bersifat eksperimen semu yaitu untuk melihat  hubungan  sebab akibat kepada dua atau lebih variabel dengan memberi perlakuan lebih (treatment) kepada kelompok eksperimen. Tujuanya adalah untuk mengetahui Komparasi PAIKEM GEMBROT dan Konvensional terhadap kemampuan penalaran matematika  peserta didik pada materi Himpunan Kelas VII MTs Negeri Kebun Cengkeh Ambon. Sampel penelitian berjumlah 25 orang pada kelas kontrol dan 25 orang pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil yang didapatkan diketahui dengan menggunakan statistik deskriptif bahwa kemampuan penalaran peserta didik setelah melaksanakan model konvensional pada kelas kontrol   diketahui bahwa 5 peserta didik (20%) mendapat nilai sangat baik, 5 peserta didik (20%)mendapatkan nilai baik, 3 peserta didik (12%) mendapatkan nilai cukup, 9 peserta didik (36%) mendapatkan nilai kurang, dan kualifikasi gagal 2 peserta didik (8%) dan pada kelas eksperimen kualifikasi baik sekali adalah 10  (40%) mendapatkan nilai baik sekali. Kualifikasi baik ada 6 peserta didik (24%), 3 peserta didik (12%) mendapatkan nilai cukup, 5 peserta didik (20%) mendapatkan nilai kurang, dan kualfikasi gagal 1 peserta didik (4%).

Penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran PAIKEM GEMBROT dan kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional pada materi himpunan di MTs N Kebun Cengkeh Ambon. Hal ini terlihat pada thitung  ttabel pada taraf nyata 0,5 atau 5% yakni thit = 2,071 dan ttab = 1,68. Karena penelitian ini   maka H1 diterima sesuai dengan hipotesis yang di ujikan. Artinya bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran matematika kelompok eksperimen dan kelompok kontrol .

References

Adinakan, Cholik & Sugiyono, 2006. matematika SMP Kelas VII Semester II Jakarta: Erlangga

Budiyono, 2004. Statistika untuk penelitian. Surakarta : Sebelas Maret Universiti Prees

Cholid Narbuko & Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi aksara, 2001

Depdiknas, Kurikulum 2000. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: 2003

http://asep-alan.blogspot.com/2011/12/indikator-penalaran matematika.html. Diunduh pada tanggal 20 – 01 – 2012.

Hasan Umarella & Ismail Titapele. 2001. Pengantar Pendidikan. (Ambon: FKIP UNPATTI

Iif Khoiru Akhmadi, 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya

Iriyanto Agus. 2008. Statistik Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media Group

Jamal Ma’mur Asmani, 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM Jogjakarta: Diva Press.

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sains Sederhana bagi Guru PAUD. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 140-148.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suharsimi, Arikunto. 2022. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Sanjana Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tanwey G. Ratumanan dan Theresia Laurens. 2003. Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan Dengan KBK. Surabaya: Unesa Universitas Press Anggota IKAPI

Tiro, M. A. & Ahmar, A. S. 2014. Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan, dan Melaporkan. Makassar: Andira Publisher.

Downloads

Published

2022-06-20