PARADIGMA BERPIKIR MAHASISWA PGMI IAIN AMBON DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN BERBASIS IT (STUDI KASUS: MINIMNYA PENGGUNAAN LAPTOP DAN PROYEKTOR DALAM PERKULIAHAN STATISTIK)

Penulis

  • Eman Wahyudi Kasim PGMI IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v16i1.2574

Kata Kunci:

paradigma berpikir, pembelajaran berbasis IT, perkuliahan statistik

Abstrak

Abstrak

Minimnya penggunaan laptop pribadi yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa PGMI IAIN Ambon dalam mengikuti proses perkuliahan menjadi perhatian yang harus diperhatikan oleh instansi. Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh keadaan ekonomi keluarga. Hal tersebut membuat mahasiswa merasa cemas dan kesulitan saat mengerjakan tugas perkuliahan dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu, mahasiswa harus berupaya untuk menyelesaikan tugas perkuliahan mereka di warnet yang memiliki fasilitas IT dan jaringan internet yang memadai. Permasalahan sarana dan prasarana yang harus menunjang perkuliahan dosen bidang studi (mata kuliah statistik) juga perlu diperhatikan oleh Institut kelembagaan (IAIN Ambon), agar kendala dalam perkuliahan yang dihadapi dosen bidang studi (mata kuliah statistik) dapat ditindaklanjuti dan diperhatikan oleh pimpinan PRODI, Rektor, maupun Pemerintah Daerah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) minimnya penggunaan laptop mahasiswa PGMI IAIN Ambon dalam mengikuti perkuliahan, dan (2) kebutuhan proyektor bagi dosen bidang studi (statistik) Prodi PGMI IAIN Ambon dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini meliputi (1) terdapat mahasiswa PGMI IAIN Ambon yang tidak memiliki laptop pribadi saat mengikuti perkuliahan, dan (2) kendala yang dihadapi dosen bidang studi statistik dalam memberikan perkuliahan di kelas. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan instansi dalam mengambil kebijakan.

Referensi

Budiyono, 2004. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Burhan Nurgiyantoro dkk., 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo

Hadari, Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hadari Nawawi, H. Murni Martini. 2005. Penelitian Terapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hakim, Thursan. 2002. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Anggota IKAPI. Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Mursalin, E. (2010). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Skripsi: Semarang: FMIPA Unnes.

Mursalin, E. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI AZ SCREEN RECORDER UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING. JURNAL PEKAMAS, 1(2), 70-78.

Ronald E. Walpole, 1997. Pengantar Statistika. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka

Rusyan, A. Tabrani dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remaja Karya.

Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2021). Scientific Writing Training for IAIN Ambon Students. MANGENTE: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 25-37.

Soetjipto. 2007. Paradigma Baru Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Asmara Book.

Diterbitkan

2021-06-26