KONSEP PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33477/hp.v16i2.2741Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Berpikir KreatifAbstrak
Berpikir adalah satu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Berpikir kritis merupakan berpikir membangun suatu ide, konsep atau gagasan dari hasil pertanyaan-pertanyaan yang menanyakan kebenaran pikiran itu. Berpikir kreatif merupakan berpikir secara konsisten dan terus menerus menghasilkan sesuatu yang kreatif/orisinil sesuai dengan keperluan. Pnelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dapat dikembangkan bagi peserta didik. Berpikir Kritis peserta didik dapat dikembangkan melalu cara-cara yang dapat dilakukan melalui: Membaca dengan kritis; Meningkatkan daya analisis; Mengembangkan kemampuan observasi atau mengamati; Meningkatkan rasa ingin tahu, kemampuan bertanya dan refleksi. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, usaha yang baik untuk lakukan oleh guru adalah dengan meningkatkan lingkungan belajar yang kondusif dalam menunjang perkembangan kreativitas anak melalui; Melakukan Brainstorming; Memakai Cara SHEMAP; dan Berpikir SpasialReferensi
Ennis, R. H (1996).Critical Thinking.USA : Prentice Hall, Inc
Hassoubah, Izhab Zaleha. 2004. Developing Creatif and Critical Thinking Skill (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis). Nuansa: Bandung
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021, December). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).
Rahmat, J. 2005. Belajar Cerdas: Belajar Berbasis Otak. Bandung: Mizan Leraning Center (MLC)
Redhana, I Wayan. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran XXXVI. II: 11-21
Slavin. 1997. Educational Psycology Theory and Practice. Five Edition. Boston: Allin and Bacon