Bentuk dan Fungsi Gaya Bahasa pada Poster Dakwah Karya Muslim Designer Community di Facebook
DOI:
https://doi.org/10.33477/lingue.v4i2.4325Abstract
Poster dakwah karya MDC mengandung keunikan tinggi karena bukan sekadar desain grafis, tetapi juga memuat berbagai gaya bahasa di dalamnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan manfaat gaya bahasa pada poster dakwah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data menggunakan metode simak, sedangkan tahap analisis data menggunakan metode padan dan metode agih. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk gaya bahasa yang digunakan pada poster dakwah terdiri atas 20 macam yaitu aliterasi, asonansi, anastrof, asindeton, kiasmus, paradoks, litotes, tautologi, perifrasis, eufemisme, erotesis, koreksio, hiperbola, simile, metafora, personifikasi, alusi, sinekdoke, metonimia, dan paronomasia. Fungsi dan manfaat gaya bahasa tersebut ialah menciptakan efek bahasa yang indah dan unik, memberikan penekanan, mempermudah menjelaskan sesuatu, memberikan sugesti yang kuat, menghasilkan makna yang lebih halus, menjaga kesopanan, memerintah secara implisit, memuliakan pihak lain, menghemat ruang dalam poster, memperkuat ekspresi emosi, dan sekadar berjenaka.
References
Amfusina, S., Rahayu, R., & Harliyana, I. (2020). Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Dan Perlokusi pada Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nisam. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 207–218. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1114
Antari, N. P. V., Indriani, M. S., & Artawan, G. (2019). Analisis Poster Hasil Kreativitas Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singaraja dari Aspek Bahasa dan Isi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 174–183. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20386
Arisdayanti, C. (2021). Analisis Gaya Bahasa pada Iklan Layanan Masyarakat Di Instagram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 39–45. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1172
Arman, L. (2018). Komunikasi Efektif dalam Berdakwah (Kajian Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia [EBI]). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(2), 117–122. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.14
Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A. E. B. (2018). Iklan Layanan Masyarakat Peduli Sampah. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia, Dan Industri Kreatif, 3(2), 188–197. https://doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.188-197
Azis, H., & Imron, A. (2021). Perilaku Dakwah Komunitas Desainer Muslim di Jombang. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 77–86. https://doi.org/10.33367/kpi.v3i2.1672
Faizun, M. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi Ada Tilgram Tiba Senja Karya W.S. Rendra: Kajian Stilistika. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 67–82. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4658
Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 175–192. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192
Heriadi, M., & Hidayat, T. (2023). Analisis Diksi dan Gaya Bahasa dalam Poster Dakwah pada Akun Instagram @Bantu_Dakwah. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 52–68.
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa – Komposisi Lanjutan I. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurniati, A. (2017). Paradoks Dan Implikasinya Dalam Humor Bertema Korupsi. Suar Bétang, 12(1), 39–47. https://doi.org/10.26499/surbet.v12i1.15
Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Al-Tsaqafa, 14(1), 169–182.
Lado, Y. A. (2019). Bentuk, Fungsi, dan Makna Tuturan Ritual Da’Ba pada Masyarakat Sabu (Sebuah Analisis Linguistik Kebudayaan). Lingko PBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kupang, 1(2), 25–34.
Lase, H. S. Y., Angin, J. M. P., Sartika, L., & Hutagalung, T. (2021). Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lirik Lagu Enau Berjudul “Negara Lucu”: Kajian Semantik. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.33477/lingue.v3i1.1883
Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906
Muhyiddin, L. (2013). Gaya Bahasa Khutbah Jum’at (Kajian Pola Retorika). At-Ta’dib, 8(2), 299–315. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.507
Normalita, A. (2021). Gaya Bahasa Kiasan dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Suar Bétang, 16(2), 143–158. Retrieved from http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1324
Prasetyo, D. N., Suharto, T., & Meikayanti, E. A. (2018). Analisis Diksi dan Gaya Bahasa pada Baliho Kampanye Pemilu di Kabupaten Magetan Tahun 2018. Widyabastra, 6(1), 76–83.
Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16.
Siswono. (2014). Teori dan Praktik Diksi, Gaya Bahasa, dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Triningsih, D. E. (2018). Gaya Bahasa dan Peribahasa dalam Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara.
Zain, A., Maimun, & Fuadi, M. (2017). Identifikasi Ayat-Ayat Dakwah dalam Al-Qur’an. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 167–188.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
If accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author. Copyright includes the exclusive right to reproduce or transmit manuscripts in any form and media: reprint, produce photographs, microfilm, or translated versions of the manuscript. Increasing parts of this journal, storage and transmission of databases of any form or media, such as electronic copies, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media and so on are permitted without permission. LINGUE: Jurnal Bahasa, Budaya dan Sastra, allow readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link the fulltext of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. However, it can not be used for commercial purposes
Jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel adalah milik penulis. Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi atau mengirimkan manuskrip dalam bentuk dan media apa pun: mencetak ulang, menghasilkan foto, mikrofilm, atau versi terjemahan dari manuskrip tersebut. Memperbanyak bagian jurnal ini, penyimpanan dan transmisi database dalam bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, salinan elektrostatis dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetis, dan sebagainya diizinkan tanpa izin. LINGUE: Jurnal Bahasa,Budaya dan Sastra, memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya. Namun, tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial
LINGUE : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.